Home ยป Tips Liburan Low Budget, Super Hemat Langsung Jalan!
tips liburan low budget

Tips Liburan Low Budget, Super Hemat Langsung Jalan!

Tips liburan low budget – Bepergian menjadi salah satu kegiatan yang paling diminati akhir-akhir ini. Bahkan, bagi mereka yang memiliki budget terbatas, budget travel bisa menjadi pilihan. Tidak hanya ramai diperbincangkan di media, namun kini kegiatan pariwisata seolah sudah menjadi hobi banyak orang. Padahal, seperti kegiatan rekreasi lainnya, traveling juga membutuhkan dana.

Jumlah yang dibutuhkan tergantung pada tujuan perjalanan yang dipilih, biaya makan, transportasi dan akomodasi. Tidak harus mahal, Anda bisa jalan-jalan meski dengan biaya minim.

Tips Perjalanan Liburan yang Hemat

Anda dapat menggunakan tips liburan low budget ini untuk mencapai impian perjalanan Anda, bahkan jika anggaran Anda terbatas. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum menikmati liburan yang menyenangkan

1. Rencanakan dengan Matang dari Awal

Tips perjalanan pertama adalah merencanakan dengan matang. Bepergian seperti melakukan aktivitas perjalanan lainnya. Kegiatan ini harus direncanakan dengan baik, bahkan jika perlu sebelumnya. Dengan mengonfigurasi semuanya dari awal, Anda dapat mengonfigurasi semuanya, termasuk uang.

Selain itu, Anda juga akan memiliki lebih banyak fleksibilitas untuk menyesuaikan jadwal Anda dengan jadwal orang lain yang akan berlibur bersama. Hindari perjalanan dadakan, terutama jika perjalanannya jauh dan jaraknya jauh.

2. Pilih Transportasi yang Murah

Tips selanjutnya jika Anda menginginkan liburan yang murah namun nyaman adalah pastikan Anda memilih sarana transportasi yang terjangkau. Anda tidak perlu membual tentang menggunakan transportasi umum atau transportasi murah.

Daripada menggunakan pesawat, cobalah memilih alat transportasi, seperti bus, kereta api, atau kapal laut. Meski perjalanannya bisa dibilang cukup lama dibandingkan dengan menggunakan pesawat terbang, namun dari segi biaya, kendaraan jenis ini tentunya akan lebih murah dan hemat.

3. Memilih Destinasi yang Tepat

Tips liburan low budget selanjutnya adalah memilih destinasi yang tepat. Anda tidak hanya memilih destinasi yang bisa dinikmati, tetapi Anda juga harus memilih tempat liburan yang sesuai dengan budget Anda. Luangkan waktu untuk meneliti tempat-tempat yang akan Anda kunjungi.

Anda dapat melakukan riset online dengan berkonsultasi beberapa informasi seperti akomodasi, tempat wisata dan lain-lain. Kemudian lakukan perbandingan untuk setiap pengeluaran yang perlu Anda keluarkan. Hal ini untuk memastikan kenyamanan Anda saat bepergian.

4. Berpergian dengan Anggaran Terbatas di Luar Liburan

Berlibur panjang juga bisa menjadi pilihan Anda. Namun, jika Anda ingin bepergian secara hemat, sebaiknya pilih waktu untuk bepergian di luar masa liburan ini. Bepergian di luar masa liburan akan mengurangi biaya akomodasi, tiket pesawat, kereta api, kapal dan bus dibandingkan dengan masa liburan.

Tentunya akan sangat menghemat anggaran Anda. Tidak hanya itu, di saat seperti ini, tempat wisata juga lebih sepi, memungkinkan Anda untuk menjelajahi beberapa destinasi yang akan Anda kunjungi nanti.

5. Jangan Lupa Dana Cadangan

Dalam setiap perjalanan jangan lupa untuk menyiapkan dana cadangan. Anda bisa menyiapkan dana ekstra selain anggaran perjalanan Anda, agar liburan mendatang tidak mempengaruhi keuangan Anda.

6. Beli Tiket Jauh-Jauh Hari

Tips liburan low budget Anda selanjutnya, beli tiket jauh-jauh hari. Jika jadwal resort sudah ditentukan, belilah tiket pesawat untuk segera melakukan perjalanan. Membeli tiket di muka memastikan Anda akan mendapatkan harga terbaik untuk liburan itu. Pastikan Anda telah menentukan sejak awal moda transportasi mana yang ingin Anda gunakan, kemudian cari tahu harga tiket pesawat, kereta api, bus, dan kapal.

Berikut tips waktu terbaik Anda dalam memesan tiket pesawat. Coba lakukan pemesanan tiket dari pukul 11 malam sampai tengah malam karena di jamjam tersebut banyak maskapai yang menawarkan potongan harga. Tentu dari harga terbaik tersebut bisa Anda kombinasikan dengan promo yang tersedia agar biayanya bisa jauh lebih murah.

Dan berdasarkan beberapa sumber untuk hari tebaik untuk memesan tiket pesawat yaitu di hari Selasa dan Rabu, karena hari-hari tersebut memiliki tarif yang lebih rendah dibandingkan hari lainnya.

7. Pilih Akomodasi yang Nyaman dan Murah

Saat memilih akomodasi, pastikan Anda memilih tipe yang tepat. Selain nyaman, Anda perlu mendapatkan harga yang murah. Lakukan riset internet atau tanyakan kepada teman Anda tentang akomodasi murah tergantung pada tujuan yang Anda tuju. Namun, jangan hanya fokus pada liburan.

Hal terpenting agar tidak merusak waktu liburan Anda, sebaiknya membaca ulasan secara detail dari setiap pengunjung yang pernah datang untuk tujuan akomodasi Anda, mulai dari kebersihannya, fasilitas kamarnya, sampai dengan pelayanannya.

8. Ambil Tiket Promo Dari Berbagai Sumber

Bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan dengan budget terbatas, ada baiknya Anda memperhatikan akun-akun yang menawarkan transportasi, layanan pemesanan akomodasi, penginapan dan kunjungan di jejaring sosial. Mengapa? Karena Anda bisa memanfaatkan promosi, diskon untuk mendapatkan tiket dan akomodasi murah.

Plus, promosi juga dapat menghemat anggaran liburan Anda. Dengan promosi, Anda dapat menghemat uang Anda untuk tujuan lain. Dengan tarif dan akomodasi yang lebih murah, Anda dapat mengalokasikan anggaran untuk hal lain, seperti oleh-oleh, tempat wisata, bahkan wisata kuliner.

9. Ajak Teman atau Keluarga

Jika Anda ingin pergi berlibur dengan budget terbatas, Anda bisa mengajak keluarga dan teman untuk menghemat biaya akomodasi. Berlibur bersama teman atau keluarga, Anda bisa memilih kamar untuk lebih banyak orang dan menghemat anggaran.

Tidak perlu khawatir memikirkan anggaran Anda sendiri, Anda dapat menentukan anggaran untuk setiap orang dengan teman dan keluarga Anda. Selain menghemat uang, liburan bersama teman dan keluarga juga bisa mempererat silaturahmi, bukan?

10. Beli Oleh-oleh Secukupnya

Meski terlihat sepele, ternyata membeli oleh-oleh bisa sangat mahal, Bela! Oleh karena itu, berhati-hatilah saat membeli oleh-oleh agar dompet tidak jebol. Sebelum memutuskan membeli oleh-oleh, Bela bisa meneliti terlebih dahulu pusat oleh-oleh termurah di destinasi wisata. Anda juga bisa menghemat oleh-oleh dengan membeli jajanan dalam porsi besar untuk disantap bersama keluarga atau teman di rumah.

Anda juga bisa menyesuaikan budget yang Anda miliki dengan oleh-oleh yang Anda beli. Penting juga untuk mencatat jumlah dan orang yang akan menerima hadiah agar sesuai dengan anggaran.

11. Biaya hiburan Liburan Ditanggung Bersama

Budget liburan minimal masih bisa ditempuh selama biaya hiburan ditanggung bersama teman-teman. Entah itu tentang makanan, wahana yang digunakan, atau aktivitas lain yang berbayar.

Ini adalah pengaturan keuangan yang sangat cerdas saat bepergian dengan teman-teman. Jangan repot-repot memikirkan pengeluaran Anda sendiri, cukup untuk apa yang Anda masing-masing miliki sehingga Anda berdua bisa bersenang-senang bersama. Selain menghemat uang, momen santai seperti ini juga bisa mempererat silaturahmi.

Nah, itulah tips liburan low budget yang hemat. Meski dengan budget minim, Anda tetap bisa menikmati liburan di tempat impian. Ayo, pergi berlibur!

Baca Juga: Staycation Murah di Sentul, Cocok untuk Healing Tipis-Tipis

Leave a Reply

error: Content is protected !!