14 Daftar Makanan Penurun Kolesterol

Ada minuman dan makanan tertentu yang menurunkan kolesterol dan asam urat yang perlu diketahui. Kolesterol tinggi atau asam urat dapat menyebabkan penyakit lain, seperti stroke dan serangan jantung.

Penyebab penyakit ini terutama karena konsumsi makanan tinggi lemak trans dalam menu yang berbeda. Menurut Dr. Andrew Weil, M.D., seorang dokter terkenal Amerika lulusan Harvard University,  lemak trans juga dapat ditemukan di berbagai merek margarin.

Makanan Penurun Kolesterol

Lemak trans juga bisa ditemukan pada makanan olahan, seperti keripik, kerupuk, cookies, dan lainnya. Untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat yang tinggi, simak makanan berikut yang bisa menjadi solusinya:

1. Kacang-kacangan

Contohnya, seperti daging, produk susu, mentega dan makanan cepat saji utuh. Biasanya makanan ini mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Nah, kacang-kacangan mengandung banyak vitamin dan mineral yang efektif menurunkan kadar kolesterol jahat  dalam tubuh. Sebagai gantinya, pilihlah kacang yang belum diproses yang menggunakan bahan pengawet atau perasa makanan.

2. Jus Tomat

Makanan penurun kolesterol dan asam urat selanjutnya adalah jus tomat. Jus tomat sebagai  buah, termasuk dalam makanan penurun kolesterol dan asam urat berikutnya. Cambridge University Press melaporkan bahwa tomat kaya akan likopen, yang membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Siapapun bisa memakannya mentah-mentah, mengubahnya menjadi jus, atau menambahkannya ke menu salad sebagai salad kecap. Kaya akan antioksidan, itulah juga keunggulan tomat ini untuk menurunkan asam urat.

3.  Alpukat

Alpukat adalah buah yang paling populer karena merupakan makanan yang menurunkan kolesterol dan asam urat sekaligus. Buah  ini tidak hanya kaya nutrisi, tetapi juga banyak mengandung lemak tak jenuh dan serat.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Heart Association, makan alpukat sehari dapat menurunkan tingkat low-density lipoprotein (LDL). Inilah yang disebut dengan istilah  kolesterol “jahat” dalam tubuh.

4. Okra

Pernahkah Anda mendengar istilah okra? Ini adalah sayuran yang digunakan sebagai agen penurun kolesterol dan asam urat yang kurang dikenal. Sayuran tipis ini tidak hanya ramah bagi penderita kolesterol tetapi juga baik untuk  penderita diabetes. Adanya kandungan serat yang tinggi dan  larut,  bermanfaat bagi tubuh. Sayuran ini bisa ditumis dengan bawang putih atau digunakan sebagai saus celup.

5. Kedelai  

Mengonsumsi protein nabati lebih baik daripada protein hewani. Anda bisa mendapatkan protein nabati  dari tahu, tempe, susu kedelai, dan semua jenis makanan  kedelai. Kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah. Pastikan  kedelai ini dimakan secara rutin setiap hari.

6. Ikan Berlemak

Ikan berminyak seperti salmon dan mackerel merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Ini adalah makanan penurun kolesterol dan asam urat yang telah dibuktikan oleh banyak penelitian.

Omega-3 meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan kolesterol HDL, juga dikenal sebagai kolesterol baik. Artinya, bisa mengurangi risiko radang dan  stroke. Cara terbaik menyajikan ikan untuk menurunkan kolesterol dan asam urat adalah dengan cara direbus atau dikukus.

Baca Juga: 9 Cara Mendapatkan Uang dari Internet yang Bisa dilakukan diRumah

7. Bawang Putih

Makanan yang satu ini merupakan makanan penurun kolesterol dan asam urat secara efektif, lho! Bawang putih dapat menurunkan  kolesterol jahat dan tekanan darah. Tekanan darah yang stabil dapat mengurangi risiko  serangan jantung  mendadak. Tingkat tekanan darah  normal bervariasi pada setiap usia, jadi pastikan untuk memeriksanya secara teratur setiap hari.

8. Kakao

Kakao merupakan bahan utama dalam dark chocolate dan dapat menjadi makanan penurun kolesterol dan asam urat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Brigham and Women’s Hospital di Boston, AS, kakao yang terkandung dalam dark chocolate dapat menurunkan kolesterol LDL.

Namun, cokelat seringkali mengandung banyak gula yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Untuk itu kita diharuskan  memilih dark chocolate dengan kandungan kakao 75-80% atau lebih.

9. Teh Hijau

Makanan lain yang menurunkan kolesterol dan asam urat  adalah  teh hijau herbal. Selain itu, teh hijau sangat rendah kalori, sehingga sangat cocok untuk  diet. Manfaat lain yang bisa didapat dari teh hijau adalah kecantikan kulit yang sehat dan pencegahan peradangan tubuh.

10. Oat atau Gandum

Serat oat merupakan serat  larut yang dapat mengontrol kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh. Jadikan oat sebagai sarapan keluarga Anda di pagi hari, makanlah sekarang! Siapa pun dapat mengonsumsi pisang kaya kalium sebagai suplemen buah untuk gandum.

11. Makanan Berserat

Makan makanan berserat juga memiliki efek menurunkan kolesterol dan asam urat. Cobalah  oatmeal, tepung gandum utuh, kacang polong, kacang tanah, wortel, apel, dan pir. Makanan kaya serat juga berperan penting dalam kesehatan pencernaan. Artinya,  frekuensi buang air besar dapat dengan mudah ditoleransi dan sembelit dapat dicegah.

12.  Lemon

Buah adalah makanan penurun kolesterol dan asam urat yang sama pentingnya. Buah asam ini kaya akan vitamin C. Jenis vitamin C  ini dapat menurunkan apo-b, zat yang meningkatkan kolesterol dalam darah. Anda bisa menjadikan limun sebagai minuman menyegarkan hari ini atau membuat saus salad.

13. Minyak Ikan

Makanan penurun kolesterol  lainnya menurut dr. Weil adalah minyak ikan. Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan kadar trigliserida  darah dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Suplemen minyak ikan kini semakin mudah ditemukan dengan kandungan nutrisi yang lengkap.

14. Semangka

Saat mencoba menurunkan kolesterol dalam tubuh, Anda perlu membatasi asupan karbohidrat. Selain tomat dan lemon, ternyata semangka juga cukup tinggi kandungan likopen yang sangat baik. Manfaatnya adalah untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Ibu makan tepat sebelum atau sesudah makan hidangan daging merah.

Inilah beberapa makanan penurun kolesterol yang bisa Anda ketahui. Semoga informasi ini bisa mendatangkan manfaat untuk Anda semua dan bagi Anda yang sedang menderita kolesterol tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa makanan diatas.

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan Secara Singkat, Terbukti Ampuh!

Related Posts

Tiktok Fashion Trends 2022

TikTok bukan hanya untuk dancing lagi, ini juga merupakan aplikasi yang memiliki banyak inspirasi menarik untuk tren mode terbaru dengan Tiktok fashion trends 2022. Dengan mode yang terus berubah, terkadang…

Tips Liburan Low Budget, Super Hemat Langsung Jalan!

Tips liburan low budget – Bepergian menjadi salah satu kegiatan yang paling diminati akhir-akhir ini. Bahkan, bagi mereka yang memiliki budget terbatas, budget travel bisa menjadi pilihan. Tidak hanya ramai…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Missed

Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

  • By admin
  • August 9, 2023
  • 25 views
Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

  • By admin
  • June 24, 2023
  • 18 views
Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

Apa Itu Artificial Intelligence (AI) dan Jenis-jenis Teknologinya

  • By admin
  • June 12, 2023
  • 34 views
Apa Itu Artificial Intelligence (AI) dan Jenis-jenis Teknologinya

Belajar Machine Learning Gratis: Materi Dasar untuk Pemula

  • By admin
  • April 2, 2023
  • 36 views
Belajar Machine Learning Gratis: Materi Dasar untuk Pemula

7 Digital Marketing Trends 2023 yang Wajib dipahami Pebisnis

  • By admin
  • March 21, 2023
  • 35 views
7 Digital Marketing Trends 2023 yang Wajib dipahami Pebisnis

Apa Itu Google Bard, Benarkah Menjadi Pesaing Berat ChatGPT?

  • By admin
  • March 14, 2023
  • 21 views
Apa Itu Google Bard, Benarkah Menjadi Pesaing Berat ChatGPT?