9 Cara Mendapatkan Uang dari Internet yang Bisa dilakukan dari Rumah

Zaman sekarang sudah semakin banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang tambahan. Tidak hanya bekerja kantoran saja, memanfaatkan internet untuk mencari penghasilan dari rumah pun bisa dilakukan. Ada banyak sekali cara mendapatkan uang dari internet yang bisa dicoba.

Sebagian orang memanfaatkan internet hanya untuk berkomunikasi dan mendapatkan hiburan. Namun, bagi Anda yang berpikir lebih cerdas, internet bisa dimanfaatkan sebagai sarana mendapatkan penghasilan tambahan melalui cara-cara yang beragam.

9 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Anda bisa memilih satu atau beberapa cara berikut yang menurut Anda paling menyenangkan untuk dilakukan sebagai jalan untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui internet. Berikut 9 cara mendapatkan uang dari internet yang bisa dilakukan dari rumah :

1. Membuka Toko Online

Cara pertama dan yang saat ini banyak sekali dilakukan adalah membuka toko online. Ada banyak sekali platform marketplace yang bisa dimanfaatkan untuk membuka toko online. Sebagian besar marketplace mendukung penggunanya untuk berbisnis di sana.

Cara gratis untuk bisa membuka toko online adalah dengan mendaftar langsung ke marketplace raksasa di Indonesia. Silahkan langsung masuk daftar ke link berikut:

Bagi Anda yang senang berjualan, bisa mencoba cara yang satu ini. Bahkan, saat ini ada banyak sekali cara membuat bisnis online tanpa harus menyetok barang, seperti menjadi reseller atau dropshipper.

2. Mengikuti Affiliate Marketing

Cara mendapatkan uang dari internet berikutnya adalah dengan mengikuti program affiliate marketing yang saat ini sedang gencar menjadi salah satu strategi marketing dari banyak merchant. Caranya cukup mudah yakni dengan membagikan kode referral atau link produk maupun jasa.

Semakin banyak orang yang menggunakan kode referral atau membeli menggunakan link yang Anda bagikan, maka komisi yang didapatkan akan semakin besar pula.

3. Menjadi Guru Online Class

Jika Anda memiliki skill tertentu yang bisa dibagikan, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menjadi guru online. Anda bisa membuka kelas sendiri atau dengan mendaftarkan diri sebagai guru untuk mengajar di berbagai platform belajar.

Cara-cara yang bisa dilakukan untuk menjadi guru di sebuah kelas online adalah dengan menentukan tema yang Anda kuasai terlebih dahulu. Berikutnya, Anda bisa membuat konten yang menarik dan edukatif sesuai dengan tema yang Anda kuasai tadi.

Salah satu tempat untuk menjadi freelance Guru Online Class, anda bisa di Superprof. Selain Anda bisa menjadi guru online class, Anda juga bisa menjadi murid untuk semua bidang keahlian yang Anda mau.

Untuk mempermudah murid-murid Anda melakukan pembayaran, tidak ada salahnya untuk menyediakan metode pembayaran yang variatif.

4. Menjadi Blogger

Blogger adalah salah satu jalan untuk mendapatkan penghasilan bagi Anda yang suka menulis. Pada dasarnya seorang blogger adalah orang yang menulis di platform blog. Anda bisa mulai menulis topik yang paling Anda sukai.

Ada banyak sekali peluang mendapatkan penghasilan ketika menjadi seorang blogger. Mulai dari pendapatan pasif melalui Google Adsense, tawaran review produk, endorse, affiliate marketing, content placement hingga lomba blog yang berhadiah fantastis.

5. Menjadi Content Creator

Banyak anak muda jaman now yang berminat untuk menjadi seorang content creator. Pekerjaan ini pun terbilang mengalami perkembangan yang sangat pesat dan menjadi bagian dari strategi digital marketing. Berbagai platform pun tersedia sebagai ladang untuk para content creator membuat konten yang menarik.

Mulai dari Youtube, TikTok, Twitter maupun Instagram bisa menjadi wadah untuk para content creator membangun portfolio mereka. Tak jarang yang mendapatkan tawaran kerja sama dari berbagai brand dan mendapatkan penghasilan dari sana.

6. Menjadi Penulis Lepas

Copywriter atau content writer merupakan pekerjaan yang dibutuhkan di era digital. Tak heran, banyak perusahaan yang menyewa jasa penulis lepas untuk bekerja di perusahaan mereka. Ada berbagai situs freelancer yang menawarkan pekerjaan untuk para penulis lepas.

Beberapa situs freelancer yang bisa Anda kunjungi dengan berbagai macam bidang diantaranya:

Bagi Anda yang memiliki kemampuan menulis di atas rata-rata, tak ada salahnya mencoba peluang mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara ini.

7. Berjualan Foto di Situs Fotografi

Punya hobi motret atau memiliki banyak koleksi foto menarik? Coba deh jual ke berbagai situs jual beli foto. Ada banyak situs jual beli foto yang membuat Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan, contohnya shutterstock, etsy atau iStockphoto.

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menjual koleksi foto di sana adalah dengan mendaftarkan diri dan mengupload foto yang ingin Anda jual. Selanjutnya, Anda harus menunggu konfirmasi terlebih dahulu apakah foto yang Anda upload memenuhi persyaratan atau tidak.

Bayaran yang bisa Anda terima dari berjualan foto ini bermacam-macam, tak jarang yang membayarnya dengan dollar, lho!

8. Menjadi Desainer Grafis

Pekerjaan yang juga banyak dicari di era digital saat ini adalah desainer grafis. Tentunya Anda harus memiliki skill yang berkaitan seperti edit foto, membuat infografis dan sejenisnya. Kuasai juga beberapa aplikasi yang menunjang pekerjaan sebagai desainer grafis.

Anda bisa mencari lowongan pekerjaan ini melalui situs-situs freelancer. Pekerjaan ini termasuk pekerjaan yang selalu dibutuhkan dan banyak dicari. Anda pun harus memiliki kreativitas dalam membuat sebuah desain yang menarik.

9. Mengembangkan Website

Cara terakhir sebagai cara mendapatkan uang dari internet adalah dengan mengembangkan website. Sebutan untuk pekerjanya adalah web developer. Pekerjaan ini tampak sangat berkaitan dengan jurusan ilmu komputer ataupun IT, padahal sekarang semua bisa mempelajarinya.

Ada banyak kursus yang gratis maupun berbayar yang bisa diikuti untuk memperoleh skill sebagai web developer. Pekerjaan ini juga termasuk pekerjaan yang banyak diburu oleh perusahaan baik perusahaan besar maupun start-up.

Anda juga bisa mengembangkan skill untuk membuat tema website dan plugin yang menarik dan dibutuhkan oleh banyak masyarakat pengguna website.

Dari 9 cara mendapatkan uang dari internet di atas, kira-kira mana yang paling menarik dan Anda bisa lakukan? Tak ada salahnya mencoba peluang mendapatkan penghasilan melalui internet. Tak sedikit pula yang berhasil sukses dengan pekerjaan-pekerjaan di atas.

Demikian ulasan mengenai info cara mendapatkan uang dari internet. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman, kerabat, saudara Anda agar bisa saling berbagi ilmu. Selamat belajar

Baca Juga: Belajar Coding Gratis untuk Pemula

Related Posts

Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

Teknologi berbasis cloud sudah semakin dekat dengan kehidupan sehari-hari seiring perkembangan teknologi. SaaS merupakan salah satu bentuk teknologi berbasis cloud yang banyak digunakan. Apa itu SaaS? Kepanjangannya sendiri adalah Software…

Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

Belajar bahasa pemrograman gratis bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Anda bisa memulainya dengan mempelajari pengetahuan umum mengenai bahasa pemrograman itu sendiri. Silakan simak penjelasan ini untuk mendapatkan materi lebih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Missed

Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

  • By admin
  • August 9, 2023
  • 26 views
Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

  • By admin
  • June 24, 2023
  • 18 views
Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

Apa Itu Artificial Intelligence (AI) dan Jenis-jenis Teknologinya

  • By admin
  • June 12, 2023
  • 34 views
Apa Itu Artificial Intelligence (AI) dan Jenis-jenis Teknologinya

Belajar Machine Learning Gratis: Materi Dasar untuk Pemula

  • By admin
  • April 2, 2023
  • 36 views
Belajar Machine Learning Gratis: Materi Dasar untuk Pemula

7 Digital Marketing Trends 2023 yang Wajib dipahami Pebisnis

  • By admin
  • March 21, 2023
  • 35 views
7 Digital Marketing Trends 2023 yang Wajib dipahami Pebisnis

Apa Itu Google Bard, Benarkah Menjadi Pesaing Berat ChatGPT?

  • By admin
  • March 14, 2023
  • 22 views
Apa Itu Google Bard, Benarkah Menjadi Pesaing Berat ChatGPT?