Cara Membuat Google My Business Gratis

Seiring dengan maraknya bisnis online di dunia termasuk di Indonesia, penggunaan tools penting seperti Google My Business sudah menjadi keharusan bagi para pelaku bisnis online untuk mendongkrak penjualan. Bagaimanakah cara membuat Google My Business?

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa diikuti untuk membuat Google My Business dengan gratis dan mudah agar bisnis online Anda semakin berkembang dan mendapatkan penjualan yang lebih baik lagi.

Cara Membuat Google My Business

Untuk bisa membuat akun Google My Business, hal pertama yang harus dimiliki adalah akun Google. Usahakan untuk membuat akun baru khusus untuk bisnis dan pisahkan dari akun Google pribadi. Jika sudah, lanjutkan ke langkah-langkah berikut ini.

  • Masuk ke halaman google.com/business/ lalu pilih Login dan masuk menggunakan akun Google bisnis yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Masukkan nama bisnis ke kolom yang tersedia lalu klik “Lanjutkan”.
  • Selanjutnya akan muncul pilihan jenis bisnis mulai dari Retail online, Toko lokal dan Bisnis layanan. Pilih sesuai dengan jenis bisnis Anda (bisa memilih lebih dari satu) lalu klik “Berikutnya”.
  • Halaman yang tampil selanjutnya akan menyesuaikan jenis pilihan bisnis yang dipilih. Ada opsi untuk menambahkan situs toko online namun jika belum ada cukup klik “Lewati”.
  • Berikutnya Anda akan diminta untuk memasukkan kategori bisnis. Pilih kategoti yang paling sesuai menggambarkan bisnis agar semakin mudah ditemukan oleh pelanggan yang sedang mencari kemudian pilih “Berikutnya”.
  • Setelah itu akan muncul kolom untuk mengisi alamat lengkap dari bisnis mulai dari negara, alamat, kota, provinsi dan juga kode pos. Jika sudah diisi, klik “Berikutnya”.
  • Berikutnya Google akan memberikan opsi bisnis yang sudah terdaftar di Google Maps di lokasi yang sudah dimasukkan. Pilih jika menemukan bisnis Anda, namun jika memang tidak ada pilih “Tidak satu pun”.
  • Kemudian akan muncul menu untuk menandai lokasi bisnis di Google Maps. Tentukan titik seakurat mungkin lalu pilih “Berikutnya”.
  • Tambahkan nomor telepon yang menjadi kontak toko atau bisnis. Jika memang belum ada bisa langsung pilih “Lewati”.
  • Terakhir, Google akan memberikan konfirmasi untuk menampilkan bisnis di Google Maps. Jika sudah yakin, klik “Lanjutkan”.

Setelah berhasil melakukan langkah-langkah dari cara membuat Google My Business di atas, selanjutnya tinggal mengetahui cara mengelola akun tersebut untuk membuat tampilan bisnis lebih baik lagi,

Mengatur Halaman Utama Google My Business

Jika sudah masuk ke halaman utama dari Google My Business, terdapat opsi untuk mengedit tampilan dari halaman utama ini dengan cara klik “Edit” yang berada di kanan atas tampilan.

Pada bagian “Info” terdapat pilihan untuk mengisi informasi dasar dari toko atau bisnis mulai dari jam buka, menambahkan kontak, menuliskan deskripsi toko/bisnis, serta menambahkan foto profil dari toko. Masih banyak lagi informasi yang bisa diedit pada bagian ini.

Pada menu “Foto”, terdapat opsi untuk menambahkan berbagai foto hingga video dari toko/bisnis. Di setiap foto juga disediakan fitur untuk mengkategorikan foto mulai dari interior, eksterior dan lain sebagainya.

Setelah dirasa informasi dari toko dan juga tampilan akun sudah bagus, lanjutkan ke langkah penting selanjutnya.

Melakukan Verifikasi Akun Google My Business

cara membuat google my business gratis

Langkah penting yang harus dilakukan selanjutnya adalah melakukan verifikasi akun GMB. Pada tampilan utama terdapat pilihan “Verifikasi sekarang” atau “Verify now”. Setelah itu sebuah kode akan dikirimkan ke alamat email.

Setelah berhasil melakukan verifikasi maka akan muncul menu baru. Masukkan nama kontak opsional lalu pilih “Kirim kartu pos” atau “Send postcard”. Setelah itu dengan menunggu setidaknya 1 x 24 jam setelah melakukan verifikasi, toko/bisnis akan tampil di pencarian Google dan juga lokasinya di Google Maps.

Melakukan verifikasi menjadi penting karena dapat menghindarkan pemilik bisnis dari pihak tidak bertanggung jawab yang ingin menyalahgunakan informasi mengenai bisnis Anda. Selain itu, toko/bisnis yang terverifikasi akan dianggap memiliki reputasi lebih baik ketimbang yang tidak.

Cara Menggunakan Google My Business

Setelah akun Google My Business berhasil diverifikasi, akun dari toko/bisnis akan bisa dikelola lebih lanjut. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan setelah akun GMB terverifikasi.

1. Menambahkan jam buka tidak teratur

Jika toko/bisnis memiliki jadwal buka yang tidak teratur misalnya libur di hari tertentu ataupun memiliki jam buka berbeda di hari tertentu, cukup atur di bagian “Info”.

2. Menambahkan manajer lain

Jika di toko/bisnis terdapat manajer lain yang juga diberi akses ke akun GMB, klik pada menu “Pengguna” lalu pilih opsi “Undang pengguna baru” di sudut kanan atas.

3. Memeriksa ulasan

Di menu “Home” atau beranda, Anda dapat melihat ulasan bisnis hingga membaca komentar-komentar yang diberikan oleh pelanggan mengenai pengalaman mereka dengan toko/bisnis Anda.

4. Menambahkan update terbaru

Di menu “Posts” terdapat fitur untuk menambahkan postingan mengenai update bisnis, penawaran, berita, maupun event spesial yang diadakan oleh toko/bisnis.

5. Menambahkan kata kunci ke foto

Pada foto-foto yang dipasang di akun GMB toko/bisnis terdapat opsi untuk menambahkan kata kunci. Gunakan kata kunci yang paling tepat dan sesuai untuk menjadi nama dari foto-foto tersebut.

Masih banyak lagi yang bisa dilakukan melalui akun Google My Business untuk membuat toko terlihat lebih baik dan terpercaya di pencarian Google maupun di Google Maps.

Setelah mengetahui cara membuat Google My Business, Anda harus mengelola akun dari toko/bisnis dengan baik agar dapat meningkatkan penjualan serta menambahkan jangkauan target pasar. Toko yang mudah ditemukan di Google serta memiliki ulasan yang baik tentu akan lebih dipercaya pelanggan.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Website Jualan Praktis

Related Posts

Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

Teknologi berbasis cloud sudah semakin dekat dengan kehidupan sehari-hari seiring perkembangan teknologi. SaaS merupakan salah satu bentuk teknologi berbasis cloud yang banyak digunakan. Apa itu SaaS? Kepanjangannya sendiri adalah Software…

Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

Belajar bahasa pemrograman gratis bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Anda bisa memulainya dengan mempelajari pengetahuan umum mengenai bahasa pemrograman itu sendiri. Silakan simak penjelasan ini untuk mendapatkan materi lebih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Missed

Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

  • By admin
  • August 9, 2023
  • 25 views
Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

  • By admin
  • June 24, 2023
  • 18 views
Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

Apa Itu Artificial Intelligence (AI) dan Jenis-jenis Teknologinya

  • By admin
  • June 12, 2023
  • 34 views
Apa Itu Artificial Intelligence (AI) dan Jenis-jenis Teknologinya

Belajar Machine Learning Gratis: Materi Dasar untuk Pemula

  • By admin
  • April 2, 2023
  • 36 views
Belajar Machine Learning Gratis: Materi Dasar untuk Pemula

7 Digital Marketing Trends 2023 yang Wajib dipahami Pebisnis

  • By admin
  • March 21, 2023
  • 35 views
7 Digital Marketing Trends 2023 yang Wajib dipahami Pebisnis

Apa Itu Google Bard, Benarkah Menjadi Pesaing Berat ChatGPT?

  • By admin
  • March 14, 2023
  • 21 views
Apa Itu Google Bard, Benarkah Menjadi Pesaing Berat ChatGPT?