Belajar Facebook Ads Gratis Disini

Jika Anda cukup menekan tombol boost post atau hanya memasang iklan lalu berjalan-jalan menggunakan Facebook Ads, anak sekolah dasar juga bisa. Facebook Ads adalah platform periklanan yang sangat baik, lengkap, canggih, dan luar biasa keren. Sehingga sudah sangat tepat bila Anda mulai untuk belajar facebook ads gratis disini.

Namun, untuk dapat menggunakannya secara optimal, kita tidak hanya membutuhkan pemahaman yang tepat tetapi juga strategi yang cerdas. Di halaman ini, Anda dapat Belajar Facebook Ads Gratis. Dengan fitur tersebut, Anda bisa menjadikan seluruh pengguna Facebook sebagai sasaran bisnis.

Bukan main-main, fitur tersebut akan membuat bisnis Anda mendulang keuntungan yang sangat besar. Bagaimana tidak, per Januari 2022 saja, pengguna Facebook di Indonesia telah mencapai angka 129,85 juta jiwa.

Apa Itu Facebook Ads?

Sebagai informasi facebook kini sudah berubah nama menjadi Meta. Berdasarkan referensi yang di lansir oleh kapanlagi.com, nama Meta ini dijadikan sebagai nama perusahaan induk yang menaungi facebook, messenger, instagram, dan whatsapp. Namun nama facebook sendiri sudah melekat kuat di benak kita dan sangat familiar.

Facebook Ads sendiri adalah platform periklanan digital yang disediakan oleh Facebook. Anda hanya perlu membuat iklan di Pengelola Facebook Ads dan Facebook akan membagikan konten iklan Anda di halaman Facebook dan platform mitra Facebook lainnya.

Sebagai pengguna FB Ads pemula yang ingin terjun ke dunia periklanan, ada beberapa hal teknis dan non teknis yang perlu Anda pelajari tentang FB Ads.

Mempelajari Facebook Ads berarti Anda harus mengetahui manfaat utama dari produk yang Anda jual dan siapa yang pantas mendapatkan manfaat dari produk Anda. Setelah itu, Anda perlu memantapkan tekad untuk mempelajari ilmu baru yang lebih tangguh yaitu mempelajari fitur-fitur Facebook Ads.

Kemudian ada hal teknis yang perlu Anda pelajari seperti cara mendaftar Facebook Ads, mengatur Facebook Ads Manager, mengatur Akun Iklan, membuat Facebook Pixel untuk menghubungkannya ke Facebook Anda, dan menyiapkan pembayaran Facebook Ads.

Belajar facebook ads gratis berikutnya yaitu membahas cara kerja dalam beriklan di Facebook.

Cara Kerja Facebook Ads

Memulai Facebook Ads harus dimulai dengan memiliki Facebook Fanpage terlebih dahulu. Facebook Fanpage dapat ditujukan untuk bisnis, komunitas dan lain-lain.

Jika Anda hanya memiliki akun pribadi, maka Anda tidak dapat memasang iklan di Facebook. Anda tidak dapat mengiklankan posting Facebook Anda sendiri. Jadi, jika Anda memiliki bisnis dan memasarkannya di Facebook pribadi Anda, lebih baik Anda membuat Fanpage bisnis.

Cara kerja Facebook Ads ini dengan menampilkan iklan yang Anda buat di Facebook Ads. Anda dapat menetapkan sasaran iklan sesuai dengan sasaran apa yang ingin Anda capai.

Misalnya, Anda ingin menyebarkan kesadaran merek, lalu pilih tujuan periklanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sasaran kampanye yang Anda tetapkan akan berdampak besar pada iklan yang Anda tempatkan.

Selanjutnya, Anda diharuskan untuk memilih spesifikasi target audiens yang sesuai dengan target pasar Anda. Anda dapat memilih berdasarkan jenis kelamin, bahasa, lokasi geografis, status perkawinan dan sebagainya.

Untuk dapat memilih target audiens yang tepat, Anda perlu memahami pasar Anda secara mendalam.

Selain itu, Anda juga dapat mengatur jadwal kapan iklan Anda akan muncul dan di mana iklan Anda akan ditempatkan. Semua aspek Facebook Ads yang Anda masukkan akan mempengaruhi anggaran iklan Anda.

Jadi, saat Anda memilih destinasi, dan menetapkan harga, pastikan semuanya sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda, ya.

Anda bisa mendaftar atau login langsung untuk memulai beriklan di facebook

Jenis Format Iklan Facebook Ads

Fungsi Facebook Ads yaitu untuk meningkatkan trafik website bisnis Anda. Anda bisa menggunakan fitur tersebut untuk menggiring pengguna Facebook agar tertarik untuk membuka website bisnis Anda dan lebih jauhnya yaitu melakukan pembelian.

Ternyata Facebook Ads memiliki jenis format iklan yang berbeda. Tentunya, Anda bisa memilih jenis format Ads mana saja yang menurut Anda paling cocok untuk bisnis Anda.

Agar Anda tidak salah paham saat belajar facebook ads gratis, berikut jenis-jenis format Facebook Ads yang perlu Anda ketahui:

1. Feed Image

Sesuai dengan namanya, jenis Facebook Ads yang satu ini berupa gambar atau foto terkait promosi bisnis Anda. Karena hanya berupa foto, maka Anda hanya bisa memasukkan informasi singkat secukupnya.

Jenis yang satu ini ternyata banyak dipilih oleh pemilik usaha lain karena dinilai efektif. Pasalnya, iklan berbentuk gambar cenderung lebih menarik di mata pengguna Facebook.

Pada format ini feed image idealnya bisa berukuran landscape maupun potrait. Adapun ukuran untuk potrait di rekomendasikan 1080 x 1080 pixel. Sedangkan untuk landscape yaitu berukuran 1200×628 pixel.

2. Story

Memiliki bentuk yang mirip dengan Instagram Story, jenis iklan satu ini dapat mengarahkan pengguna Facebook untuk mengunjungi website bisnis Anda dalam satu kali klik. Uniknya, jenis yang satu ini hanya bisa dilihat oleh pengguna Facebook yang menggunakan perangkat mobile.

Untuk menggunakan format story ini berukuran 1080×1920 pixel, dengan aspek rasio 9:16 bisa menggunakan format JPEG, PNG untuk image, dan untuk video dengan format MP4, MOV, GIF maksimum 60 detik

3. Video

Jika Anda menginginkan iklan yang lebih menarik, maka Anda bisa coba untuk memasang Facebook Ads video. Berbeda dengan gambar maupun story, jenis yang satu ini akan membuat Anda lebih leluasa dalam melakukan promosi karena durasinya yang cukup panjang sehingga iklan lebih detail.

4. Carousel

Bagi Anda yang tetap ingin menggunakan gambar untuk membuat iklan tapi membutuhkan ruang promosi lebih banyak, maka Anda bisa menggunakan jenis Facebook Ads satu ini.

Jenis yang satu ini mengizinkan Anda untuk melakukan promosi dengan menggunakan beberapa gambar sekaligus.

Pada format ini maksimum gambar yang bisa disisipkan adalah 10 kartu (card), bisa berisikan headline nama produk, deskripsi, harga, dan copy writing yang bagus untuk menarik potensial pelanggan Anda.

Jenis iklan satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mempromosikan beberapa produk atau menyampaikan banyak informasi sekaligus. Jangan lupa untuk menambahkan tombol CTA (call to action) untuk memudahkan pengguna Facebook melakukan transaksi, seperti “beli sekarang!” atau “hubungi kami”.

Baca Juga: Apa itu Google Analytics

5. Right Column

Target iklan jenis Right Column ini yaitu para pengguna Facebook yang menggunakan perangkat desktop. Karena iklan ini hanya akan muncul di bagian kanan halaman Facebook yang dibuka dengan menggunakan komputer.

Uniknya, Facebook Ads yang satu ini memungkinkan pengguna Facebook untuk melihat iklan lebih lama. Sebab, meski halaman Facebook sudah digulir ke bawah, pengguna masih tetap dapat melihat iklan ini selama beberapa saat.

6. Sponsored Message

Sesuai dengan namanya, Facebook Ads yang satu ini memungkinkan Anda untuk mengirim pesan secara personal kepada para pengguna Facebook baru maupun pengguna yang pernah mengunjungi iklan bisnis Anda.

7. Collection

Sebagian besar dari Anda pasti pernah melihat katalog. Katalog biasanya memuat banyak gambar dan keterangan sekaligus. Jenis Facebook Ads satu ini ternyata memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dari katalog.

Dalam satu iklan, Anda bisa menampilkan banyak foto produk sekaligus. Anda hanya perlu memasang satu gambar utama sedangkan tiga gambar lainnya berada di bagian bawah.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai format iklan apa yang tepat berikut dengan ukuran yang diperlukan bisa lihat disini, didalamnya juga terdapat creative insight sampai dengan case studies yang bisa dijadikan acuan.

Belajar Facebook Ads Gratis

Agar Anda bisa memanfaatkan fitur Facebook yang satu ini, maka Anda harus belajar untuk membuatnya terlebih dahulu. Tidak sulit, Anda hanya tinggal mengikuti langkah-langkah membuat Facebook Ads berikut ini:

1. Business Suite

Sebagai langkah awal, Anda bisa masuk ke menu Business Suite yang merupakan tempat untuk mengelola iklan Facebook. Menu ini akan mengatur iklan hingga aplikasi apa saja yang dapat terhubung dengan iklan pada Facebook.

2. Meta Ads Manager

Pada menu Business Suite, Anda bisa langsung mengakses Facebook Ads Manager. Caranya yaitu dengan klik “Ads” lalu pilih “Ads Manager”.

3. Dashboard FB Ads Manager

Pada menu Facebook Ads Manager, Anda akan melihat beberapa menu lainnya pada dashboard untuk mengelola iklan. Berikut beberapa nama dan fungsi dari masing-masing menu pada dashboard tersebut:

  • Ads: Iklan yang bisa pengguna Facebook lihat
  • Ad sets: Menu ini berisi beberapa ads beserta keterangannya mulai dari target audiens, biaya, jadwal tayang, hingga penempatannya. Tujuannya yaitu untuk dapat meraih target campaign.
  • Campaign: Tujuan yang hendak diraih menggunakan ad sets.

4. Buat Campaign

Sebelum memulai iklan, Anda harus menentukan campaign terlebih dahulu. Anda perlu mengisi halaman tersebut dengan campaign yang ingin Anda laksanakan.

Di tahap ini Anda akan di suguhkan 3 objektif utama kampanye yang ingin di jalankan, ketiga objektif utama tersebut adalah:

  • Brand Awareness (upper funnel)
  • Consideration (middle funnel)
  • Conversion (lower funnel)

Selanjutnya dari ketiga objektif utama yang ingin di jalankan, didalamnya terdapat sub objektif yang bisa kita pilih sesuai dengan strategi marketing yang ingin dijalankan.

5. Buat Ad Sets

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu mengatur ad sets yaitu:

  • membuka menu “Ad Sets”
  • lalu pilih “Create”
  • pilih “Use Existing Campaign” untuk memilih campaign yang telah Anda buat sebelumnya.
  • tambahkan judul pada kolom “Ad Set”
  • klik “Continue”

Anda tinggal memilih Facebook Page yang hendak Anda promosikan. Selain itu, Anda juga bisa langsung menentukan budget, target audiens, penempatan iklan, optimasi iklan, dan lain-lain.

6. Buat Ads

Pada langkah terakhir ini, Anda hanya tinggal klik menu “Ads” lalu pilih “Create”. Setelah itu, pilih “Campaign Objective” atau pilih “Use Existing Campaign”. Lalu, Anda hanya perlu melengkapi informasi sesuai arahan seperti Ad Name, Identity, Ad Setup, Language, dan lainnya.

Demikian ulasan mengenai informasi Belajar facebok ads gratis. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman, kerabat, saudara Anda agar bisa saling berbagi ilmu. Selamat belajar!

Baca Juga: Apa itu Digital Marketing?

Related Posts

Belajar Twitter Ads Gratis untuk Pemula Mudah dan Cepat

Menurut data dari Internet Live Stat, setiap harinya terdapat sekitar 500 juta tweet yang diposting di media sosial Twitter. Dengan fakta ini, tidak heran jika banyak orang terutama marketer yang…

Tiktok Fashion Trends 2022

TikTok bukan hanya untuk dancing lagi, ini juga merupakan aplikasi yang memiliki banyak inspirasi menarik untuk tren mode terbaru dengan Tiktok fashion trends 2022. Dengan mode yang terus berubah, terkadang…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Missed

Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

  • By admin
  • August 9, 2023
  • 25 views
Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

  • By admin
  • June 24, 2023
  • 18 views
Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

Apa Itu Artificial Intelligence (AI) dan Jenis-jenis Teknologinya

  • By admin
  • June 12, 2023
  • 34 views
Apa Itu Artificial Intelligence (AI) dan Jenis-jenis Teknologinya

Belajar Machine Learning Gratis: Materi Dasar untuk Pemula

  • By admin
  • April 2, 2023
  • 36 views
Belajar Machine Learning Gratis: Materi Dasar untuk Pemula

7 Digital Marketing Trends 2023 yang Wajib dipahami Pebisnis

  • By admin
  • March 21, 2023
  • 35 views
7 Digital Marketing Trends 2023 yang Wajib dipahami Pebisnis

Apa Itu Google Bard, Benarkah Menjadi Pesaing Berat ChatGPT?

  • By admin
  • March 14, 2023
  • 21 views
Apa Itu Google Bard, Benarkah Menjadi Pesaing Berat ChatGPT?