Belajar Affiliate Marketing Gratis Otodidak

Salah satu cara mendapatkan penghasilan melalui internet adalah dengan melakukan affiliate marketing. Agar bisa sukses mendulang banyak cuan dari aktivitas ini, Anda harus mempelajarinya terlebih dahulu. Belajar affiliate marketing gratis bisa didapatkan dari mana saja, salah satunya dari artikel ini.

Artikel ini akan membahas beberapa hal penting terkait affiliate marketing yang bisa Anda pelajari sebagai dasar untuk melakukan kegiatan afiliasi. Jika diterapkan dengan baik, bukan tidak mungkin pendapatan pasif Anda melalui kegiatan ini akan jauh lebih besar dari dugaan Anda.

Mengenal Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah salah satu strategi bisnis yang bisa dijalankan oleh siapapun untuk bisa mendapatkan penghasilan pasif. Dalam aktivitas ini, tugas Anda adalah mempromosikan produk ataupun jasa kepada orang lain.

Ketika orang lain tersebut membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan tadi, maka Anda akan mendapatkan komisi dalam jumlah tertentu. Skill yang perlu Anda miliki jika memang tertarik untuk terjun ke affiliate marketing ini tentunya adalah skill marketing.

Siapa Saja Pihak yang Terlibat dalam Affiliate Marketing?

Ketika Anda belajar affiliate marketing gratis, selain mengetahui tentang pengertian affiliate marketing, hal lain yang juga perlu untuk diketahui adalah pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Dalam affiliate marketing, ada beberapa pihak yang terlibat yaitu :

1. Merchant / Brand

Pihak pertama yang pasti ada dalam aktivitas afiliasi ini adalah merchant atau brand yang memiliki produk. Bisa disebut juga sebagai penjual atau vendor yang menyediakan barang atau jasa. Merchant ini menggunakan strategi affiliate marketing untuk mengembangkan bisnisnya dan meningkatkan sales.

Merchant tidak bisa bekerja seorang diri untuk bisa melakukan affiliate marketing, mereka membutuhkan pihak afiliasi untuk menjalankan strategi bisnisnya.

2. Publisher

Publisher yang dimaksud di sini adalah pihak affiliate yang setuju untuk bekerja sama dengan merchant menjalankan affiliate marketing. Prinsip dari pekerjaan ini adalah publisher mempromosikan produk atau jasa milik merchant dengan memberikan link atau kode referral.

Semakin banyak orang yang membeli produk atau jasa melalui link atau kode referral yang diberikan oleh publisher, semakin besar juga komisi yang akan didapatkan oleh publisher tersebut. Aktivitas ini membutuhkan konsistensi dan strategi yang tepat.

Dengan menjalankan affiliate marketing secara serius, bukan tidak mungkin publisher meraup jutaan rupiah setiap bulannya.

3. Konsumen

Tidak ada artinya kegiatan affiliate marketing tanpa adanya konsumen yang membeli produk atau jasa melalui referral atau link yang dibagikan oleh publisher. Oleh sebabnya, konsumen menjadi salah satu pihak yang penting keterlibatannya dalam aktivitas ini.

4. Media Promosi

Media promosi adalah hal yang juga penting dalam menjalankan aktivitas affiliate marketing. Terutama di era digital seperti saat ini, publisher yang mempromosikan link atau referral melalui media sosial akan lebih mudah mendapatkan konsumen.

Langkah Sukses Belajar Affiliate Marketing Gratis

Sekarang Anda sudah lebih paham mengenai strategi bisnis affiliate marketing dan keuntungan apa yang akan diperoleh sebagai publisher yang menjalankan strategi bisnis ini. Apabila ingin sukses belajar affiliate marketing gratis, ikuti cara-cara seperti di bawah ini :

1. Jangan Dulu Memikirkan Komisi Besar

Memiliki tujuan untuk mendapatkan penghasilan melalui affiliate marketing memang tidak salah, namun pertama-tama jangan terpaku pada hasil yang fantastis terlebih dahulu. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah berusaha untuk konsisten membagikan link atau kode referral.

Selangkah demi selangkah akan lebih banyak orang yang mengenal Anda. Lama-lama mereka pun tertarik untuk membeli produk atau jasa yang mereka butuhkan menggunakan kode referral atau link yang sudah pernah Anda bagikan.

2. Buat Content Review yang Menarik

Agar sukses menarik konsumen untuk menggunakan link afiliasi Anda, coba buat konten mengenai ulasan produk atau jasa yang ditawarkan. Buatlah konten yang berbeda dengan publisher afiliasi yang lain, caranya bisa dilakukan dengan memberikan nilai tambah pada produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Gunakan pula kreativitas untuk membuat konten yang menarik, edukatif dan tidak terlalu ngiklan agar orang lain tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Menganalisa Target Konsumen

Untuk bisa sukses membagikan link afiliasi dan kode referral sehingga orang lain menggunakannya, ketahui terlebih dahulu target konsumen yang disasar seperti apa. Ini bisa tergantung dari barang atau jasa apa yang ditawarkan.

Dari sana, Anda bisa melihat kira-kira target konsumen yang cocok dan membutuhkan produk atau jasa tersebut yang seperti apa. Anda pun bisa menyusun strategi bagaimana membuat konten yang menarik dan melakukan affiliate marketing dengan target market yang sudah di analisis.

4. Mempelajari SEO

Search Engine Optimization adalah suatu langkah untuk mengoptimasi konten agar mudah ditemukan oleh mesin pencari. Salah satu caranya adalah meriset keyword yang akan digunakan sebagai copywriting. Selanjutnya, coba buat konten yang menerapkan kaidah SEO. Anda bisa belajar SEO gratis dari berbagai sumber seperti blog dan youtube.

Meskipun membuat konten untuk bisa ditemukan oleh mesin pencari, perlu diingat juga kalau konten yang dibuat bertujuan untuk orang lain. Sehingga gunakan bahasa yang tetap nyaman dibaca oleh orang lain.

5. Tambahkan Call to Action

CTA atau call to action adalah suatu keharusan ketika Anda mempromosikan suatu produk atau jasa. Tujuannya adalah untuk mengajak pembaca atau orang yang melihat konten Anda untuk ikut merasakan pengalaman yang sama dalam menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Call to Action bisa berupa gambar, teks atau ajakan secara langsung yang membuat orang lain ingin juga membeli produk dan jasa tersebut. Contoh call to action diantaranya “hubungi kami”, “belanja sekarang”, “Lihat selengkapnya” dan lainnya.

Salah satu tantangan dari affiliate marketing adalah ketika jumlah komisi yang Anda terima tidak sesuai harapan. Namun, jangan mudah putus asa dan teruslah belajar dan konsisten.

Demikian ulasan mengenai info belajar affiliate marketing gratis. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman, kerabat, saudara Anda agar bisa saling berbagi ilmu. Selamat belajar

Baca juga: Metrik Digital Marketing yang Wajib diketahui [Lengkap]

Related Posts

Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

Teknologi berbasis cloud sudah semakin dekat dengan kehidupan sehari-hari seiring perkembangan teknologi. SaaS merupakan salah satu bentuk teknologi berbasis cloud yang banyak digunakan. Apa itu SaaS? Kepanjangannya sendiri adalah Software…

Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

Belajar bahasa pemrograman gratis bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Anda bisa memulainya dengan mempelajari pengetahuan umum mengenai bahasa pemrograman itu sendiri. Silakan simak penjelasan ini untuk mendapatkan materi lebih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Missed

Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

  • By admin
  • August 9, 2023
  • 26 views
Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

  • By admin
  • June 24, 2023
  • 18 views
Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

Apa Itu Artificial Intelligence (AI) dan Jenis-jenis Teknologinya

  • By admin
  • June 12, 2023
  • 34 views
Apa Itu Artificial Intelligence (AI) dan Jenis-jenis Teknologinya

Belajar Machine Learning Gratis: Materi Dasar untuk Pemula

  • By admin
  • April 2, 2023
  • 36 views
Belajar Machine Learning Gratis: Materi Dasar untuk Pemula

7 Digital Marketing Trends 2023 yang Wajib dipahami Pebisnis

  • By admin
  • March 21, 2023
  • 35 views
7 Digital Marketing Trends 2023 yang Wajib dipahami Pebisnis

Apa Itu Google Bard, Benarkah Menjadi Pesaing Berat ChatGPT?

  • By admin
  • March 14, 2023
  • 22 views
Apa Itu Google Bard, Benarkah Menjadi Pesaing Berat ChatGPT?