App Store Optimization (ASO): Definisi, Fungsi & Strategi

App Store Optimization (ASO) atau optimasi app store merupakan hal penting yang harus dipahami oleh pengembang aplikasi (app developer) untuk membuat aplikasi buatannya dapat dijangkau oleh user yang lebih banyak.

Aplikasi-aplikasi yang dikembangakan oleh developer besar tentu saja memiliki strategi optimasi app store yang baik sehingga bisa selalu tampil di daftar aplikasi bagian awal. Apa sebenarnya ASO itu? Apa yang bisa mempengaruhinya? Berikut adalah pembahasan penting mengenai optimasi app store.

Apa yang Dimaksud dengan ASO?

App Store Optimization (ASO) adalah proses yang dilakukan untuk mengoptimalkan aplikasi mobile agar mendapatkan ranking lebih tinggi di dalam hasil pencarian sebuah app store. Berada di posisi atas dalam hasil pencarian tentu membuat kemungkinan aplikasi diunduh akan semakin besar.

Sederhananya ASO adalah salah satu bentuk dari pemasaran aplikasi yang sudah dibuat agar bisa dilihat oleh banyak orang. Mirip dengan SEO yang membuat laman web berada di posisi atas hasil pencarian search engine, ASO melakukannya pada aplikasi di app store.

Fungsi App Store Optimization

Tujuan utama dari ASO adalah menggerakkan lebih banyak traffic ke aplikasi yang sudah dibuat di halaman pencarian app store sehingga pencari bisa melakukan aksi yang diinginkan yaitu mengunduh aplikasi tersebut.

Berikut ini adalah fungsi utama dari optimasi app store dan mengapa hal ini menjadi sangat penting bagi para app developer.

1. Membuat Aplikasi Mudah Terlihat di App Store

Sesuai dengan pengertiannya, fungsi pertama dari ASO adalah untuk membuat aplikasi bisa tampil di posisi atas saat dilakukan pencarian di sebuah app store. Dengan berada di posisi atas, tentu saja akan lebih mudah dilihat oleh pengguna dan kemungkinan untuk diunduh juga semakin besar.

Sudah sangat wajar juga seseorang akan cenderung mencoba aplikasi yang berada di daftar atas terlebih dahulu saat mencari sebuah aplikasi dari begitu banyaknya aplikasi yang bertebaran di dalam app store.

2. Membuat Aplikasi Lebih Mudah Ditemukan Target Pengguna

Berdasarkan data dari Google, sebanyak 40 persen dari aplikasi ditemukan melalui pencarian di app store. Hal ini tentu saja menjadi fakta penting bahwa metode paling efektif dalam menemukan sebuah aplikasi adalah dengan melakukan pencarian di app store.

Dari fakta tersebut dapat disimpulkan betapa pentingnya optimasi app store mengingat banyaknya jumlah aplikasi yang terdapat di dalam sebuah app store.

3. Meningkatkan CTR (Click-Through Rate)

Dengan muncul di posisi atas dalam daftar pencarian, aplikasi akan memiliki peluang yang sangat besar untuk diklik. Dengan begitu angka Click-through Rate (CTR) akan meningkat juga. Hal ini akan membuka peluang untuk aplikasi di-download oleh pengguna.

Apa itu Click-through Rate (CTR)? dan bagaimana memahami dan membaca data tersebut? Anda bisa belajar mengenai metrik digital marketing secara gratis di halaman website ini secara lengkap dan gratis.

4. Meningkatkan Conversion Rates

Jika aplikasi berpeluang besar untuk ditemukan lalu diunduh, maka hal ini akan membawa pada fungsi terpenting dari ASO yaitu meningkatkan conversion rates dari aplikasi.

Misalnya di dalam aplikasi terdapat opsi in-app purchase ataupun iklan, maka kemungkinan untuk terjadinya pembelian maupun pemasukan dari cara lain akan semakin besar. Dan ini adalah target akhir dari dibuatnya sebuah aplikasi.

Faktor yang Mempengaruhi ASO

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi optimasi app store dari suatu aplikasi, dan berikut ini adalah beberapa diantaranya.

1. Nama/Judul Aplikasi

Nama atau judul adalah hal pertama yang dilihat dan dibaca oleh pencari aplikasi dalam menemukan aplikasi yang diinginkannya. Mengoptimalkan nama dengan menggunakan keyword atau kata kunci akan meningkatkan ranking pencarian sebanyak 10,3%.

Keyword utama dari nama aplikasi haruslah sesuatu yang sangat banyak dicari atau dibutuhkan oleh orang-orang. Pemberian nama aplikasi dengan menggunakan keyword yang banyak dicari berdasarkan hasil riset adalah hal paling penting dan mendasar.

2. Deskripsi dari Aplikasi

Faktor berikutnya yang tidak kalah penting adalah deskripsi yang dituliskan pada aplikasi. Secara teknis, algoritma dari app store memang tidak memperhatikan deskripsi. Namun hal ini tidak berlaku pada pengguna.

Banyak pengguna yang membaca deskripsi dari aplikasi terutama jika terdapat banyak jenis aplikasi serupa yang harus dipilih. Memiliki deskripsi yang singkat, padat namun lengkap dari fitur-fitur unggulan aplikasi akan meningkatkan minat pengguna untuk mengunduh aplikasi.

3. Subtitle Aplikasi

Di dalam sebuah app store, pengembang aplikasi diberikan akses untuk menuliskan subtitle dari aplikasi. Sebuah penjelasan lanjutan yang berbatas sekitar 30 karakter ini juga menjadi salah satu yang dibaca pertama kali oleh pengguna setelah nama aplikasi.

4. Review dan Rating dari Aplikasi

Hal yang tentunya mempengaruhi optimasi app store selanjutnya tentu saja rating dan review yang diberikan oleh pengguna aplikasi. Semakin tinggi rating dan semakin banyak review positif dari suatu aplikasi, maka kemungkinan untuk ditayangkan di bagian awal daftar pencarian akan semakin besar.

5. Jumlah Download Aplikasi

Faktor terakhir yang menentukan optimasi app store sebuah aplikasi adalah seberapa banyak aplikasi sudah diunduh. Secara algoritma, aplikasi seperti AppStore dan Google Play Store akan menampilkan aplikasi dengan jumlah download lebih banyak untuk berada di daftar teratas pencarian.

Strategi App Store Optimization

Setelah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi ASO, berikut adalah beberapa strategi yang bisa diterapkan.

  • Melakukan riset dan menentukan target pengguna
  • Menggunakan nama yang tepat dan optimal
  • Memanfaatkan keyword yang banyak dicari oleh pengguna
  • Menulis fitur unggulan di deskripsi aplikasi dengan singkat dan jelas
  • Menggunakan ikon yang simpel namun sesuai dengan aplikasi
  • Memasukkan screenshot maupun video tampilan aplikasi

Dengan mengetahui tentang App Store Optimization (ASO), setiap app developer harus lebih memikirkan faktor-faktor yang dapat membuat aplikasi bisa tampil di daftar teratas saat pencarian dilakukan sehingga aplikasi lebih berpeluang untuk diunduh oleh banyak orang.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Website Jualan Praktis

Related Posts

Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

Teknologi berbasis cloud sudah semakin dekat dengan kehidupan sehari-hari seiring perkembangan teknologi. SaaS merupakan salah satu bentuk teknologi berbasis cloud yang banyak digunakan. Apa itu SaaS? Kepanjangannya sendiri adalah Software…

Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

Belajar bahasa pemrograman gratis bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Anda bisa memulainya dengan mempelajari pengetahuan umum mengenai bahasa pemrograman itu sendiri. Silakan simak penjelasan ini untuk mendapatkan materi lebih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Missed

Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

  • By admin
  • August 9, 2023
  • 26 views
Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

  • By admin
  • June 24, 2023
  • 18 views
Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

Apa Itu Artificial Intelligence (AI) dan Jenis-jenis Teknologinya

  • By admin
  • June 12, 2023
  • 35 views
Apa Itu Artificial Intelligence (AI) dan Jenis-jenis Teknologinya

Belajar Machine Learning Gratis: Materi Dasar untuk Pemula

  • By admin
  • April 2, 2023
  • 36 views
Belajar Machine Learning Gratis: Materi Dasar untuk Pemula

7 Digital Marketing Trends 2023 yang Wajib dipahami Pebisnis

  • By admin
  • March 21, 2023
  • 35 views
7 Digital Marketing Trends 2023 yang Wajib dipahami Pebisnis

Apa Itu Google Bard, Benarkah Menjadi Pesaing Berat ChatGPT?

  • By admin
  • March 14, 2023
  • 22 views
Apa Itu Google Bard, Benarkah Menjadi Pesaing Berat ChatGPT?