Apa itu SEM dalam Digital Marketing?

Apa itu SEM? – Siapa yang tidak kenal Google? Ya, Google adalah mesin pencari yang digunakan orang seluruh dunia untuk menghasilkan segala bentuk informasi melalui kata kunci yang Anda cari.

Lalu apa hubungannya dengan SEM? Kemudian bagaimana bisa menjalankan fitur iklan ini dalam bisnis Anda? Seberapa berpengaruh dalam bisnis Anda? Simak uraian secara umum mengenai apa itu SEM berikut ini.

Definisi SEM

SEM (search engine marketing) adalah salah satu fitur Google ads yang digunakan untuk beriklan. SEM ditandai dengan ikon kecil berlogo ad (iklan) pada hasil penelusuran kata kunci. Dulu SEM ini dikenal dengan nama iklan baris pada mesin pencari Google. Dan semakin kesini semakin banyak fitur pelengkap pada iklan Google search ini.

Apa Keunggulan SEM?

Keunggulan dari SEM ini adalah Anda bisa menampilkan iklan produk & jasa Anda pada hasil pencarian teratas pada penelusuran Google. Sehingga iklan produk dan jasa Anda bersifat ekslusif di mata potensial customer dari kata kunci transaksional. Contoh kata kunci transaksional seperti mengandung kata kunci jual, beli, jasa, dll.

Disamping itu banyak fitur lain yang bisa di maksimalkan pada penayangan iklan SEM, diantaranya sebagai berikut:

  • Sitelink Extension : Menampilkan tambahan url pada iklan yang di tayangkan sebagai extra promotion
  • Call Extension : Mencantumkan nomor bisnis Anda pada iklan
  • Promotion Extension : Memudahkan pengiklan untuk menjalankan tactical campaign seperti diskon tertentu.
  • Call Out Extention : Value yang bisa ditawarkan dalam bisnis Anda
  • Lead form Extension : Fitur lead generation untuk mendapatkan data customer melalui iklan.

Bagaimana bisa iklan kita di munculkan di pencarian Google?

Jadi, SEM ini menggunakan sistem CPC (Cost per Click). Adapun syaratnya, Anda perlu menyiapkan materi copy writing, halaman landas, dan tentu biaya anggaran iklan per bulan.

Apa arti CPC (Cost per Click)? CPC merupakan tipe pembayaran yang ditagihkan oleh Google kepada pengiklan berupa biaya untuk satu kali klik di pencarian Google.

Jadi, Anda bisa saja beriklan secara Gratis di Google, asalkan iklan Anda tidak di klik oleh customer yang relevan dengan kata kunci tertentu.

Namun tentu secara logika, bila market Anda sudah berada di tempat yang tepat, tidak mungkin mereka melewatkan iklan Anda pada mesin pencari Google.

Mengapa Perlu Menggunakan SEM?

Bayangkan bila iklan Anda dilihat oleh jutaan mata pada mesin pencari hanya dengan kata kunci yang Anda target. Bukankah itu menjadi nilai plus dalam membangun bisnis Anda lebih dikenal oleh pelanggan potensial Anda?

Yang perlu Anda ketahui adalah dalam mesin pencari Google itu terdapat dua tipe istilah dalam digital marketing.

Adapun tipenya yaitu penelusuran secara organik atau yang biasa dikenal dengan SEO (Search engine optimization) dan SEM (Search engine marketing).

Biasanya pengguna internet yang melakukan secara aktif mencari di search engine adalah pengguna yang sudah berada di tahap consideration.

Artinya mereka paling tidak sudah tahu produk yang akan mereka cari di penelusuran. Sehingga sangat potensial untuk bisa memasarkan iklan Anda menggunakan SEM dari Google Ads.

Baca juga: Apa itu Digital Marketing?

Apa Bedanya SEO dan SEM?

SEO merupakan hasil pencarian dari optimisasi konten artikel yang berkelanjutan. Setidaknya butuh minimal 3-6 bulan, agar artikel Anda bisa muncul di mesin pencari Google di halaman pertama. Hasil optimisasi artikel konten yang dilakukan juga berbeda-beda, banyak faktor penentu untuk bisa berada di pencarian pertama.

Faktor penentu keberhasilan SEO diantaranya yaitu kompetisi kata kunci yang di sasar, algortima google, dan kualitas konten dalam blog Anda.

Sedangkan SEM, hanya perlu menyiapkan halaman landas, kemudian menyiapkan anggaran bulanan untuk biaya iklan Anda seperti yang di jelaskan diatas.

Iklan SEM ini memungkinan untuk bisnis Anda muncul di urutan teratas di halaman pertama mesin pencari Google, tanpa perlu repot melakukan optimisasi konten berbulan-bulan untuk hasil SEO.

Secara sederhana perbedaan signifikan antara SEO dan SEM yaitu SEO gratis dan SEM berbayar, dan termasuk kedalam kategori paid channel.

Fungsi SEM

Fungsi SEM sendiri yaitu Anda bisa memasarkan banyak produk dan jasa Anda secara cepat di mesin pencari Google hanya dengan menyiapkan halaman landas dan biaya iklan Anda.

Namun jangan kaget ketika Anda beriklan menggunakan SEM, pasalnya biaya harian dari iklan yang Anda tayangkan melalui kata kunci tertentu bersifat fluktuatif, terkadang akan cenderung lebih mahal, begitu pula sebaliknya.

Hal ini tergantung dari tingkat kompetisi kata kunci dari bidding system (lelang) yang di lakukan pada hari itu, selain itu faktor lainnya adalah traffic pada kata kunci tertentu ketika sedang ramai.

Sampai disini setidaknya Anda mulai memahami apa itu sem dari sisi fungsi, sehingga Anda pun bisa membuat strategi marketing yang tepat dalam bisnis Anda menggunakan SEM.

Baca juga: Belajar Google Ads Gratis untuk Pemula

Contoh Iklan Search Engine Marketing

Berikut merupakan contoh hasil penelusuran pada search engine marketing pada kata kunci [jasa website murah] :

contoh iklan SEM

Pada hasil pencarian dari penelusuran kata kunci, iklan Google Ads pada SEM akan muncul maksimal 4 dibagian atas, dan 4 dibagian bawah, dan sisanya adalah hasil optimisasi organic search sebanyak maksimum 10 hasil pencarian.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Iklan search Anda akan muncul di pencarian teratas pada search engine Google, namun untuk urutannya akan bervariasi bergantung pada kompetisi dan bidding pada tiap pengiklan di niche yang sama.

Kurang lebih konsep utama yang sangat disukai oleh Google adalah iklan dengan tingkat relevansi yang baik, sehingga akan meningkatkan quality score pada kata kunci yang Anda targetkan ke potensial customer Anda.

Secara logisnya adalah, Google tidak akan mengecewakan penggunanya saat mereka browsing dengan pengalaman berselancar yang buruk. Dalam artian, bot Google akan secara pintar bisa mendeteksi dari copy iklan yang di tampilkan dengan relevansi landingpage yang dipasang, semakin relevan akan semakin baik, begitu juga sebaliknya.

Anda bisa memulai menjalankan iklan SEM melalui Google Ads secara langsung disini.

Demikian ulasan mengenai informasi apa itu sem digital marketing? Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman, kerabat, saudara Anda agar bisa saling berbagi ilmu. Salam digital.

Baca juga: Belajar SEO Gratis untuk Pemula

Related Posts

Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

Teknologi berbasis cloud sudah semakin dekat dengan kehidupan sehari-hari seiring perkembangan teknologi. SaaS merupakan salah satu bentuk teknologi berbasis cloud yang banyak digunakan. Apa itu SaaS? Kepanjangannya sendiri adalah Software…

Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

Belajar bahasa pemrograman gratis bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Anda bisa memulainya dengan mempelajari pengetahuan umum mengenai bahasa pemrograman itu sendiri. Silakan simak penjelasan ini untuk mendapatkan materi lebih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Missed

Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

  • By admin
  • August 9, 2023
  • 26 views
Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

  • By admin
  • June 24, 2023
  • 18 views
Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

Apa Itu Artificial Intelligence (AI) dan Jenis-jenis Teknologinya

  • By admin
  • June 12, 2023
  • 34 views
Apa Itu Artificial Intelligence (AI) dan Jenis-jenis Teknologinya

Belajar Machine Learning Gratis: Materi Dasar untuk Pemula

  • By admin
  • April 2, 2023
  • 36 views
Belajar Machine Learning Gratis: Materi Dasar untuk Pemula

7 Digital Marketing Trends 2023 yang Wajib dipahami Pebisnis

  • By admin
  • March 21, 2023
  • 35 views
7 Digital Marketing Trends 2023 yang Wajib dipahami Pebisnis

Apa Itu Google Bard, Benarkah Menjadi Pesaing Berat ChatGPT?

  • By admin
  • March 14, 2023
  • 22 views
Apa Itu Google Bard, Benarkah Menjadi Pesaing Berat ChatGPT?