Apa itu Programmatic Ads: Pengertian & Cara Kerjanya

Programmatics ads sudah hadir di berbagai platform digital yang tayang di media sosial, video, serta seluler. Sudahkah Anda tahu apa itu programmatic ads?

Kalau masih belum tahu, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan tentang programmatics ads secara lebih lengkap.

Apa Itu Programmatic Ads?

Programmatic ads merupakan salah satu metode beriklan menggunakan space atau kolom di media digital yang sudah disediakan oleh publisher. Beberapa contoh space yang dimaksud antara lain iklan baris, iklan banner, dan sebagainya.

Bisa dikatakan bahwa programmatics ads merupakan perantara yang menghubungkan antara publisher dengan advertiser. Publisher merupakan perusahaan, organisasi, atau orang yang memiliki blog/website terdaftar dan disetujui oleh pengelola aplikasi periklanan seperti AdSense.

Sedangkan advertiser merupakan perusahaan, organisasi, atau orang yang memasang iklan untuk tujuan memasarkan tempat usaha, barang, maupun jasa.

Programmatic ads merupakan penggabungan dari machine learning dengan artificial intelligence yang mana memungkinkan advertiser beriklan secara real time pada platform.

Cara Kerja Programmatic Ads

dsp & ssp programmatic ads
DSP & SSP Programmatic ads

Dalam programmatics ads, seluruh transaksi antara publisher dengan advertiser bisa dilakukan melalui program atau aplikasi tertentu. Dengan bantuan program dan aplikasi tersebut mempermudah transaksi serta pemasangan iklan supaya bisa berjalan secara otomatis.

Berbeda dengan transaksi iklan konvensional, programmatic ads menghilangkan kontak langsung antara publisher dengan pemasang iklan. Saat memilih programmatics ads, advertiser diberikan opsi untuk menayangkan iklan melalui berbagai space yang tersedia.

Selanjutnya, format iklan tersebut akan ditampilkan kepada target pasar yang sudah disesuaikan dengan database. Programmatics ads membantu advertiser menayangkan iklan kepada audiens yang tepat. Penjualan pun meningkat signifikan.

Proses kerja programmatic ads dibantu dengan DSP (demand side platform) dan SSP (supply side platform). Seperti apa cara kerja dari DSP dan SSP dalam programmatic ads?

DSP (Demand Side Platform)

Merupakan software wadah yang digunakan oleh publisher untuk menyesuaikan slot iklan adsense dibagian mana saja yang ingin di lelang dalam ad exchange. Sehingga memungkinkan bisa menampilkan banner atau kreatif dari advertiser tertentu yang memenangkan bidding.

Berdasarkan informasi dari PolusMedia Berikut rangkuman mengenai DSP :

1. Penerbit atau Publisher menyediakan impresi iklan melalui bursa iklan, dan DSP memutuskan mana yang harus dibeli

2. Memberikan akses kepada pengiklan untuk membeli impresi dari berbagai situs publisher

3. Dapat mentarget secara spesifik kelompok-kelompok user tertentu, berdasarkan informasi mengenai lokasi dan riwayat browsing yang mereka lakukan sebelumnya

SSP (Supply Side Platform)

SSP merupakan wadah atau tempat para penjual slot iklan berkumpul. Dalam hal ini penjual slot iklan adalah publisher, mereka yang memiliki website atau aplikasi yang sudah siap untuk memberikan slot iklan di platform mereka. Selanjutnya mereka mendaftarkan platform mereka ke SSP seperti Mgid, Google AdSense, Applovin, dan sebagainya

Berikut ringkasan point nya:

1. SSP memberikan kontrol kepada publisher untuk mengatur harga dasar inventori yang akan mereka jual kepada pengiklan

2. Impresi yang diberikan oleh publisher melalui SSP bisa berdasarkan lokasi dan tipe audiens yang ditarget oleh pengiklan

3. SSP memberikan impresi kepada bursa iklan, kemudian DSP sebagai perantara pengiklan, menganalisa dan membeli impresi tersebut

Mengapa Harus Menggunakan Programmatics Ads?

Iklan digital sudah banyak digunakan sejak beberapa tahun lalu. Programmatics ads merupakan salah satu wujud perkembangan dari iklan digital yang sangat disarankan untuk para advertiser. Alasannya adalah sebagai berikut.

● Relevansi

Alasan yang pertama adalah relevansi. Programmatics ads membantu Anda menyampaikan iklan kepada target pasar yang tepat. Tidak hanya targetnya, Anda juga bisa menayangkan iklan di momen serta waktu yang tepat.

Dengan begitu, konversi yang didapatkan juga akan lebih tinggi. Iklan hanya akan muncul untuk audiens yang sudah diprogram sebelumnya.

Anda bisa mengatur berbagai hal terkait target pasar ketika menggunakan programmatics ads. Misalnya kelompok usia, jenis kelamin, lokasi, pekerjaan, sampai riwayat searching yang dilakukan audiens. Itulah yang membuat programmatics ads memiliki relevansi yang tinggi.

● Murah dan Efisien

Tidak butuh biaya yang terlalu mahal untuk menggunakan programmatics ads dalam memasang iklan. Budget yang dikeluarkan oleh advertiser jauh lebih rendah dibandingkan dengan iklan konvensional.

Meski lebih murah, hasilnya justru jauh lebih tinggi karena menyasar target pasar yang tepat. Artinya, programmatics ads sangat efisien dan efektif untuk meningkatkan penjualan.

● Skalabilitas

Alasan terakhir mengapa Anda sebaiknya menggunakan programmatics ads adalah skalabilitas. Efektivitas iklan bisa diukur dengan baik dan tepat karena ada data yang lengkap.

Data ini didapatkan setelah iklan ditayangkan kepada audiens. Selanjutnya ini akan menunjukkan minat target pasar terhadap produk yang diiklankan. Data ini bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk menyesuaikan kembali strategi iklan di masa yang akan datang.

Manfaat Programmatics Ads

Dari penjelasan yang disampaikan di atas, Anda tentu sudah mulai memahami apa itu programmatic ads, bukan? Sekarang mari bahas manfaat dari programmatics ads.

● Kendali Penuh bagi Advertiser

Advertiser memiliki kendali penuh terhadap iklan yang ditayangkan jika menggunakan programmatics ads. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, advertiser bisa menentukan sendiri siapa yang akan menjadi target iklannya, kapan iklan ditayangkan, dan sebagainya.

Bahkan budget yang digunakan untuk memasang iklan pun bisa disesuaikan sendiri oleh advertiser. Jadi, iklan yang tayang benar-benar ada di bawah kendali advertiser langsung.

● Meningkatkan User Experience

Format iklan dalam programmatics ads sangat beragam. Ada iklan yang berbentuk teks, banner, slide show, video, serta gambar. Dengan pemilihan format dan peletakan iklan yang tepat, user experience akan meningkat. Hal ini menguntungkan bagi pihak publisher.

Penempatan iklan juga berpengaruh terhadap tingkat visibilitasnya. Semakin tinggi, maka bayaran yang diterima oleh publisher juga semakin tinggi.

● Pengunjung Lebih Betah

Manfaat yang terakhir dari programmatics ads adalah membuat pengunjung website menjadi lebih betah. Hal ini berpengaruh langsung terhadap bounce rate website yang dikelola oleh publisher.

Cara Menggunakan Programmatics Ads

Lalu, bagaimanakah cara atau langkah-langkah dalam menggunakan programmatics ads? Di bawah ini akan dijelaskan caranya secara umum.

1. Memiliki Landing Page

Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah landing page. Anda bisa menggunakan website bisnis yang sudah ada sebagai landing page. Jika tidak punya, Anda bisa memakai toko di marketplace sebagai landing page.

2. Memilih Format Iklan

Selanjutnya, Anda bisa memilih jenis atau format iklan yang akan ditayangkan. Jenisnya ada bermacam-macam seperti teks, banner, slideshow, video, dan gambar. Setiap format iklan dibanderol dengan harga yang berbeda.

Sebaiknya sesuaikan format iklan dengan budget yang dimiliki. Jangan sampai memilih iklan yang melebihi budget. Yang terpenting adalah buat iklan yang semenarik mungkin.

3. Menentukan Objektif Iklan

Berikutnya, isi data atau form untuk menentukan objektif iklan atau audiens yang akan melihat tayangan iklan tersebut. Pastikan memilih objektif iklan yang tepat supaya iklan bisa berdampak lebih efektif.

4. Melakukan Pembayaran

Selanjutnya, Anda wajib melakukan pembayaran. Pilih salah satu metode pembayaran yang tersedia dan ikuti langkah-langkah sesuai petunjuk yang ada.

5. Iklan Siap Ditampilkan

Jika pembayaran sudah dilakukan dan sudah dikonfirmasi, iklan akan tayang sesuai dengan yang sudah ditentukan.

Salah satu platform yang menggabungkan DSP dan SSP di Indonesia adalah IklanDisini.com. Anda hanya cukup membayar Rp.50.000 saja sudah bisa menampilkan iklan Anda ke semua publisher seperti media online seluruh Indonesia secara massive sesuai kebutuhan.

Jadi Programmatics ads adalah iklan yang bisa dikendalikan sepenuhnya oleh advertiser. Iklan ini ditayangkan di media digital yang dimiliki oleh publisher dengan konsep all in one, memilih slot iklan secara tertarget dan lebih efisien.

Demikian ulasan mengenai info apa itu progammatic ads? Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman, kerabat, saudara Anda agar bisa saling berbagi info. Selamat beriklan!

Baca Juga:

Belajar Digital Marketing Gratis Bagi Pemula

Apa itu Metaverse: Pengertian, Cara Kerja, dan Contohnya

Related Posts

Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

Teknologi berbasis cloud sudah semakin dekat dengan kehidupan sehari-hari seiring perkembangan teknologi. SaaS merupakan salah satu bentuk teknologi berbasis cloud yang banyak digunakan. Apa itu SaaS? Kepanjangannya sendiri adalah Software…

Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

Belajar bahasa pemrograman gratis bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Anda bisa memulainya dengan mempelajari pengetahuan umum mengenai bahasa pemrograman itu sendiri. Silakan simak penjelasan ini untuk mendapatkan materi lebih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Missed

Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

  • By admin
  • August 9, 2023
  • 26 views
Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

  • By admin
  • June 24, 2023
  • 18 views
Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

Apa Itu Artificial Intelligence (AI) dan Jenis-jenis Teknologinya

  • By admin
  • June 12, 2023
  • 34 views
Apa Itu Artificial Intelligence (AI) dan Jenis-jenis Teknologinya

Belajar Machine Learning Gratis: Materi Dasar untuk Pemula

  • By admin
  • April 2, 2023
  • 36 views
Belajar Machine Learning Gratis: Materi Dasar untuk Pemula

7 Digital Marketing Trends 2023 yang Wajib dipahami Pebisnis

  • By admin
  • March 21, 2023
  • 35 views
7 Digital Marketing Trends 2023 yang Wajib dipahami Pebisnis

Apa Itu Google Bard, Benarkah Menjadi Pesaing Berat ChatGPT?

  • By admin
  • March 14, 2023
  • 22 views
Apa Itu Google Bard, Benarkah Menjadi Pesaing Berat ChatGPT?