Apa Itu Metaverse: Pengertian, Cara Kerja, dan Contohnya

Istilah “metaverse” sedang menjadi perbincangan hangat di media sosial beberapa waktu ke belakang. Apa itu metaverse yang sebenarnya dan mengapa terkesan begitu menarik?

Pada kesempatan ini akan dijelaskan tentang seluk beluk metaverse, mulai dari pengertian, cara kerjanya, contoh, serta cara untuk menjadi bagian dari metaverse itu sendiri. Mari simak semua penjelasannya agar lebih memahami metaverse yang sedang naik daun in.

Apa Itu Metaverse?

Metaverse merupakan salah satu dunia komunitas yang saling terhubung berkat bantuan teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). Intinya, metaverse merupakan dunia virtual yang diprediksikan akan menjadi masa depan internet.

Di dalamnya, pengguna bisa melakukan banyak hal seperti bekerja, bermain, bertemu pengguna lain, dan masih banyak lagi.

Istilah metaverse sebenarnya tidak benar-benar baru. Kemunculan pertama kali istilah ini adalah pada tahun 1992 di dalam novel Snow Crash. Novel tersebut bergenre science fiction yang ditulis oleh Neal Stephenson.

Viralnya istilah metaverse belakangan ini dipicu oleh Facebook yang mengubah nama perusahaannya menjadi Meta karena ingin fokus pada dunia metaverse.

Cara Kerja Metaverse

Di atas sudah dijelaskan tentang apa itu metaverse yang tak ubahnya sebuah kehidupan sehari-hari di dunia virtual. Untuk memenuhi segala kebutuhan orang-orang di dalamnya, dibuatlah fasilitas-fasilitas yang lengkap.

Internet menjadi nyawa bagi metaverse. Tanpa ada internet, sistem dunia virtual ini akan mati dan tidak bisa dijalankan sama sekali. Untuk “masuk” ke dunia metaverse diperlukan perangkat berupa kacamata AR/VR untuk visual dan headset/headphone untuk audio.

Kedua jenis perangkat tersebut wajib digunakan karena seluruh elemen di dalam metaverse menggunakan gambar 3 dimensi yang dipadukan dengan augmented reality (AR).  Tanpa perangkat tersebut, Anda tidak bisa masuk dan melakukan aktivitas di dunia metaverse.

Contoh Metaverse yang Sudah Ada

Saat metaverse mulai ramai diperbincangkan pada 2021 lalu, sebenarnya sudah ada beberapa perusahaan teknologi yang sudah mulai mengembangkan dunia virtual tersebut. Di bawah ini adalah beberapa contoh project metaverse dari beberapa perusahaan.

● Roblox

Roblox merupakan game yang sudah ada sejak 2004 lalu. Sebelum pembahasan tentang apa itu metaverse viral seperti sekarang, justru Roblox sudah terlebih dahulu mengimplementasikan teknologi tersebut.

Di dalamnya, pemain bisa melakukan berbagai aktivitas seperti memainkan alur cerita tertentu, bekerja, membangun rumah, dan melakukan aktivitas seperti di dunia nyata. Roblox juga terbuka menerima game-game yang diciptakan oleh para penggunanya.

● Meta

Facebook melakukan rebranding perusahaannya menjadi Meta karena ingin fokus mengembangkan metaverse. Salah satu project metaverse pertama yang dikembangkan oleh meta adalah konsel 3 dimensi.

Nantinya, pengguna akan bisa merasakan pengalaman berbeda di halaman web 3D. Di sana, pengguna bisa merasakan pengalaman berada di tempat lain serta merasakan kehadiran pengguna lainnya.

Selain itu, Meta juga sedang mengembangkan kantor virtual yang menggunakan teknologi Virtual Reality. Nantinya, pengguna akan bisa merasakan suasana kantor seperti di dunia nyata tanpa harus pergi ke mana pun.

● Microsoft

Contoh perusahaan terakhir yang mengembangkan metaverse adalah Microsoft. Project metaverse perusahaan ini diberi nama Microsoft Mesh yang merupakan aplikasi mixed and extended reality atau XR.

Microsoft juga berencana menghadirkan metaverse di aplikasi Microsoft Teams. Augmented reality dan virtual reality dikombinasikan untuk menciptakan hologram dan avatar virtual agar penggunanya bisa berinteraksi dengan lebih nyata.

Cara Menjadi Bagian dari Metaverse Populer

Ingin menjadi bagian dari metaverse? Di bawah ini ada beberapa cara untuk mendaftarkan diri Anda di berbagai platform metaverse.

● Axie Family

Axie Family menyediakan lahan virtual yang bisa dibeli oleh siapa saja. Lahan di dalamnya ada berbagai jenis dengan harga yang beragam pula. Jenis lahan tersebut antara lain Mystic, Arktik, Hutan, dan Savannah.

Untuk bisa masuk ke Axie Family dan membeli lahan di sana, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga wajib punya Ethereum karena transaksinya hanya bisa dilakukan dengan cryptocurrency tersebut.

Baca Juga: 5+ Langkah Mudah Belajar Bitcoin untuk Pemula

● Decentraland

Sama seperti Axie Family, Decentraland juga merupakan platform yang menjual tanah di dunia metaverse. Untuk menjadi bagian di metaverse ini, Anda perlu registrasi terlebih dahulu agar punya akun. Setelah itu baru bisa melakukan pembelian lahan menggunakan crypto currency.

● The Sandbox

Sudah punya Ethereum atau SAND? Jika sudah punya salah satunya dan ingin membeli lahan di metaverse, Anda bisa mengunjungi The Sandbox.

The Sandbox tidak menjual lahan setiap waktu. Mereka hanya membuka penawaran di waktu tertentu. Seperti di Axie Family, The Sandbox menyediakan berbagai tipe lahan dengan harga beragam.

Apabila transaksi sudah selesai dilakukan, pemilik lahan bisa mendirikan bangunan seperti rumah, pusat perbelanjaan, dan sebagainya.

Pilihan Aktivitas di Metaverse

Tidak hanya membeli lahan seperti yang sudah dijelaskan di atas, metaverse menawarkan berbagai aktivitas menarik lainnya seperti berikut ini.

● Bermain Game

Aktivitas pertama yang bisa dilakukan adalah bermain game. Tentu pengalamannya akan sangat berbeda karena game tampak lebih nyata. Untuk bermain game di metaverse, pengguna membutuhkan gear seperti kacamata VR.

● Traveling Online

Saat metaverse sudah berkembang, traveling bisa dilakukan tanpa keluar rumah. Dunia bisa benar-benar dipindahkan ke platform virtual menggunakan VR dan AR. Jadi, Anda bisa merasakan perjalanan lebih nyata meski hanya di depan PC.

● Berdiskusi dengan Rekan Kerja

Sebelum metaverse ada, Anda mungkin sudah sering berdiskusi dengan rekan kerja secara virtual. Tapi dengan metaverse semuanya akan terasa berbeda. Diskusi akan terasa lebih real karena setiap pengguna memiliki avatar yang dapat saling interaksi secara langsung.

● Berinvestasi pada Metaverse

Anda juga melakukan investasi pada beberapa metaverse untuk jangka panjang, contohnya seperti investasi tanah di sandbox game, sehingga bisa menguntungkan dikemudian hari dan semakin menjadi trend ketika pengguna digital semua beralih ke dunia metaverse.

Atau menantikan update perkembangan metaverse dari Meta, berdasarkan referensi versi statista, ada setidaknya ada 2.93 Miliyar pengguna aktif Facebook / Meta saat ini di seluruh dunia. Bayangkan apabila mereka semua beralih pada metaverse yang dikembangkan oleh Mark Zukerberg CS, dan Anda sudah lebih dulu mengetahuinya.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk menjadi bagian dari dunia virtual ini?

Demikian ulasan mengenai info apa itu metaverse. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman, kerabat, saudara Anda agar bisa saling berbagi info.

Baca Juga:
5+ Cara Beli Saham IPO dan Penjelasan Lengkapnya
6 Jenis-Jenis Instrume Investasi, Mana yang Paling Cocok?

Related Posts

Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

Teknologi berbasis cloud sudah semakin dekat dengan kehidupan sehari-hari seiring perkembangan teknologi. SaaS merupakan salah satu bentuk teknologi berbasis cloud yang banyak digunakan. Apa itu SaaS? Kepanjangannya sendiri adalah Software…

Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

Belajar bahasa pemrograman gratis bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Anda bisa memulainya dengan mempelajari pengetahuan umum mengenai bahasa pemrograman itu sendiri. Silakan simak penjelasan ini untuk mendapatkan materi lebih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Missed

Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

  • By admin
  • August 9, 2023
  • 26 views
Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

  • By admin
  • June 24, 2023
  • 18 views
Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

Apa Itu Artificial Intelligence (AI) dan Jenis-jenis Teknologinya

  • By admin
  • June 12, 2023
  • 34 views
Apa Itu Artificial Intelligence (AI) dan Jenis-jenis Teknologinya

Belajar Machine Learning Gratis: Materi Dasar untuk Pemula

  • By admin
  • April 2, 2023
  • 36 views
Belajar Machine Learning Gratis: Materi Dasar untuk Pemula

7 Digital Marketing Trends 2023 yang Wajib dipahami Pebisnis

  • By admin
  • March 21, 2023
  • 35 views
7 Digital Marketing Trends 2023 yang Wajib dipahami Pebisnis

Apa Itu Google Bard, Benarkah Menjadi Pesaing Berat ChatGPT?

  • By admin
  • March 14, 2023
  • 21 views
Apa Itu Google Bard, Benarkah Menjadi Pesaing Berat ChatGPT?