Apa Itu ChatGPT: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Belakangan ini banyak orang yang membicarakan tentang ChatGPT di media sosial maupun dalam obrolan sehari-hari. Apa itu ChatGPT dan apa yang membuatnya menjadi bahan pembicaraan? Untuk mengetahuinya, sebaiknya simak penjelasan lengkap yang akan diberikan pada kesempatan ini.

Perlu diketahui bahwa ChatGPT merupakan salah satu teknologi kecerdasan buatan alias artificial intelligence. Robot AI memang tengah berkembang dengan sangat pesat belakangan ini. Manfaatnya pun mulai dirasakan secara signifikan oleh masyarakat.

Apa Itu ChatGPT?

Sebelum membahas lebih jauh, sebaiknya pahami dulu apa yang dimaksud dengan ChatGPT. Pada dasarnya, ChatGPT merupakan chatbot yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama OpenAI. Salah satu hal yang membuatnya menjadi viral adalah kemampuannya dalam memberikan balasan chat.

Semua jawaban yang diberikannya terasa sangat natural, tidak seperti robot dan lebih mirip dengan bahasa manusia. Respons atau jawaban yang diberikannya sangat akurat dan sesuai dengan perintah dari user.

Hal itulah yang membuat ChatGPT menjadi bahan pembicaraan yang cukup hangat di media sosial. Bahkan sebagian netizen berpendapat bahwa chatbot satu ini dapat menggantikan peran manusia yang sesungguhnya.

ChatGPT sendiri termasuk ke dalam jenis Large Language Model atau LLM. Pengertiannya adalah program komputer yang dikembangkan untuk dapat mengenali, menerjemahkan, meringkas, memberikan prediksi, serta menghasilkan output berupa teks.

Fungsi dan Manfaat ChatGPT

Setelah Anda memahami apa itu ChatGPT, sekarang adalah waktunya untuk mengetahui fungsi dan manfaat dari chatbot yang satu ini. Silakan simak penjelasan tentang fungsi dan manfaatnya berikut ini.

1. Mengerjakan Coding

Fungsi pertama yang dimiliki ChatGPT ini sangat disukai oleh para programmer atau mahasiswa IT. Bagaimana tidak, chatbot yang satu ini bisa memberikan script kode untuk perintah yang sederhana sampai rumit sekalipun.

Tidak hanya sampai di situ, ChatGPT juga dapat melakukan debugging. Yaitu aktivitas untuk menemukan bug pada script dan memperbaikinya agar program bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Untuk saat ini, ChatGPT hanya bisa menghasilkan dan melakukan debugging script dalam bahasa JavaScript (JS).

Meski kemampuannya sangat luar biasa, para programmer serta developer kurang setuju dengan proses deploy yang dilakukan menggunakan ChatGPT. Pasalnya, script yang dihasilkan oleh robot AI memiliki limitasi. Akurasi scriptnya pun masih dipertanyakan.

2. Mengerjakan Soal Matematika dan Esai

Salah satu alasan mengapa ChatGPT menjadi sangat viral belakangan ini adalah kemampuannya dalam mengerjakan tugas. Tidak sedikit siswa atau mahasiswa yang memanfaatkan chatbot satu ini untuk mengerjakan soal matematika dan esai.

Untuk mendapatkan jawaban dari soal matematika, pengguna hanya perlu input soalnya secara rinci. Kemudian ChatGPT akan memberikan jawaban berupa langkah demi langkah dalam menyelesaikan soal tersebut.

Sementara untuk soal esai, pengguna bisa request topik, gaya bahasa, hingga jumlah kata yang diinginkan. Teks esai yang dihasilkan oleh ChatGPT juga lebih alami dibandingkan dengan bot lain. Bahkan esai yang ditulis oleh chatbot satu ini memiliki tingkat plagiasi rendah.

3. Menjawab Pertanyaan yang Sulit

Untuk menemukan informasi mengenai hal-hal yang sulit, Anda mungkin terbiasa menggunakan search engine seperti Google. Setelah mengetahui apa itu ChatGPT, sekarang Anda bisa memanfaatkan chatbot AI tersebut untuk menggantikan Google.

ChatGPT juga dinilai lebih unggul kalau dibandingkan dengan Google. Pasalnya, chatbot ini mampu memberikan jawaban bervariasi, tergantung pada instruksi yang diberikan user. Contohnya Anda memberikan perintah “coba jelaskan cara kerja mobil pada anak 5 tahun”.

Maka ChatGPT akan memberikan jawaban berupa penjelasan lengkap tentang cara kerja mobil. Tentunya dengan analogi-analogi dan kalimat yang mudah dipahami oleh anak-anak berumur 5 tahun. Hal ini tidak bisa dilakukan oleh Google, bukan?

Kelebihan ChatGPT

Setiap teknologi, apapun bentuknya pasti memiliki sisi plus dan minus masing-masing, ChatGPT pun memiliki kelebihan dan kekurangan. Mari awali dengan membahas kelebihan dari ChatGPT terlebih dahulu.

1. Hasil Kerjanya Sangat Mirip Manusia

Sebelum ChatGPT hadir, sudah banyak chatbot AI yang diluncurkan. Namun kebanyakan dari chatbot tersebut menghasilkan jawaban yang sangat kaku. Tidak seperti manusia dan lebih mirip dengan robot.

Namun lain halnya dengan ChatGPT yang menghadirkan jawaban-jawaban mendekati bahasa dan analogi manusia. Teks yang diberikan bisa dibaca dan dipahami dengan mudah. Bahkan sama sekali tidak mirip dengan robot.

Tidak hanya itu, chatbot satu ini juga tetap bisa menanggapi instruksi dengan baik meski penggunanya memberikan perintah nyeleneh atau dibumbui humor.

2. Hemat Waktu

Kelebihan yang satu ini bisa dirasakan oleh semua orang. Berapa lama yang Anda butuhkan untuk membuat esai sepanjang 1000 kata? Mungkin Anda akan membutuhkan waktu 2-3 jam.

Namun dengan ChatGPT, semua itu bisa dikerjakan hanya dalam waktu beberapa detik. Benar-benar menghemat waktu, bukan?

Kekurangan ChatGPT

Meski punya kelebihan yang sudah dijelaskan di atas, ChatGPT juga memiliki beberapa kekurangan berikut.

1. Jawaban Tidak Selalu Benar

Seperti robot pada umumnya, jawaban yang diberikan oleh ChatGPT juga tidak 100% benar. Bahkan beberapa pengguna memberikan testimoni bahwa chatbot satu ini memberikan jawaban yang salah. Sebaiknya Anda berhati-hati saat menggunakan ChatGPT dan tidak menaruh kepercayaan sepenuhnya.

2. Pemahaman Terbatas

ChatGPT hanya memberikan respons sesuai dengan instruksi pengguna. Robot AI ini tidak bisa melakukan riset yang proper untuk mencari kebenaran informasi. Campur tangan manusia tetap dibutuhkan dan Anda tidak bisa sepenuhnya mengandalkan bot satu ini.

Baca Juga: Apa itu Google Bard, Benarkah Menjadi Pesaing Berat ChatGPT?

Cara Menggunakan ChatGPT

Sampai di sini Anda sudah mengetahui apa itu ChatGPT dengan segala manfaat, kelebihan, dan kekurangannya. Jika tertarik menggunakannya, silakan ikuti tutorial di bawah ini.

  1. Buka browser terlebih dahulu dan kunjungi https://chat.openai.com/.
  2. Berikutnya Anda harus membuat akun terlebih dahulu menggunakan email.
  3. Kalau sudah punya akun, silakan login.
  4. Masukkan pertanyaan pada kolom yang tersedia.
  5. Kirimkan pertanyaan tersebut dan dapatkan jawaban dari ChatGPT.

Dari penjelasan lengkap yang diberikan di atas, Anda sudah mendapatkan dari “apa itu ChatGPT?”. ChatGPT merupakan chatbot yang dibuat dengan teknologi kecerdasan buatan untuk membantu para penggunanya mengerjakan berbagai hal. Selamat mencoba!

Baca Juga: Apa itu Digital Marketing: Konsep, Strategy & Peluangnya.

Related Posts

Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

Teknologi berbasis cloud sudah semakin dekat dengan kehidupan sehari-hari seiring perkembangan teknologi. SaaS merupakan salah satu bentuk teknologi berbasis cloud yang banyak digunakan. Apa itu SaaS? Kepanjangannya sendiri adalah Software…

Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

Belajar bahasa pemrograman gratis bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Anda bisa memulainya dengan mempelajari pengetahuan umum mengenai bahasa pemrograman itu sendiri. Silakan simak penjelasan ini untuk mendapatkan materi lebih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Missed

Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

  • By admin
  • August 9, 2023
  • 26 views
Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

  • By admin
  • June 24, 2023
  • 18 views
Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

Apa Itu Artificial Intelligence (AI) dan Jenis-jenis Teknologinya

  • By admin
  • June 12, 2023
  • 34 views
Apa Itu Artificial Intelligence (AI) dan Jenis-jenis Teknologinya

Belajar Machine Learning Gratis: Materi Dasar untuk Pemula

  • By admin
  • April 2, 2023
  • 36 views
Belajar Machine Learning Gratis: Materi Dasar untuk Pemula

7 Digital Marketing Trends 2023 yang Wajib dipahami Pebisnis

  • By admin
  • March 21, 2023
  • 35 views
7 Digital Marketing Trends 2023 yang Wajib dipahami Pebisnis

Apa Itu Google Bard, Benarkah Menjadi Pesaing Berat ChatGPT?

  • By admin
  • March 14, 2023
  • 22 views
Apa Itu Google Bard, Benarkah Menjadi Pesaing Berat ChatGPT?