5+ Langkah Mudah Belajar Bitcoin Untuk Pemula

Bitcoin, sebuah istilah yang belakangan ini sering disebut dalam pembahasan mata uang digital atau crypto currency. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara mendalam tentang Bitcoin serta cara belajar Bitcoin untuk pemula.

Tidak sedikit yang sudah meraup keuntungan besar dari Bitcoin. Hal inilah yang membuat banyak orang penasaran untuk mencoba “bermain” Bitcoin. Tapi hal ini sebaiknya tidak dilakukan dengan gegabah. Pelajari dahulu cara-caranya. Kalau sudah paham, baru praktikkan.

Berkenalan dengan Bitcoin

Sebelum membahas tentang cara belajar Bitcoin untuk pemula, mari berkenalan dengan Bitcoin itu sendiri. Bitcoin merupakan salah satu mata uang kripto atau cryptocurrency pertama di dunia. Tak hanya pertama, cryptocurrency ini juga sangat terkenal.

Bitcoin berbeda dengan mata uang resmi sebuah negara. Operasionalnya tidak dikendalikan oleh bank sentral, tapi dilakukan oleh otoritas tidak terpusat  (terdesentralisasi). Mata uang ini hanya bisa diakses secara digital tanpa ada wujud fisiknya.

Agar tetap aman, mata uang digital ini dilindungi dengan kriptografi. Itulah mengapa disebut sebagai crypto currency. Saat artikel ini ditulis, nilai tukar 1 Bitcoin (BTC) adalah 19.728 Dolar AS atau 293.908.730 Rupiah.

Nilai tukar dan kapitalisasi pasar Bitcoin sudah meningkat sangat pesat sejak awal kemunculannya. Hal inilah yang membuat banyak orang menjadikannya sebagai instrumen investasi. Di beberapa negara, Bitcoin juga menjadi salah satu metode pembayaran yang sah.

Kenapa Harus Investasi Bitcoin?

Seperti yang sudah disebutkan di awal, investasi Bitcoin bisa menghasilkan keuntungan besar. Berikut ini akan dijelaskan secara lebih rinci mengenai keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi di Bitcoin.

  • Bitcoin tidak hanya bermanfaat untuk investasi, tapi juga dijadikan sebagai salah satu mata uang transaksi antar negara. Ini memudahkan untuk Anda yang kerap melakukan transaksi di kancah internasional.
  • Likuiditas Bitcoin jauh lebih besar dibandingkan dengan cryptocurrency lainnya dan bisa langsung ditukar dengan mata uang resmi negara.
  • Biaya transaksi Bitcoin lebih rendah sehingga lebih menguntungkan.
  • Nilai Bitcoin diprediksikan akan terus meningkat di masa mendatang.

Pahami Ini Sebelum Mulai Investasi Bitcoin

Ada beberapa hal yang wajib Anda pahami sebelum memulai pembelajaran tentang Bitcoin. Langsung saja, informasinya bisa disimak di bawah ini.

1. Pemahaman Akan Manajemen Risiko

Hal pertama yang perlu dipahami adalah risiko berinvestasi di Bitcoin atau cryptocurrency pada umumnya. Jadi, Anda jangan terlalu fokus pada keuntungan-keuntungan. Pahami juga bahwa dibalik keuntungan besar ada juga risiko yang sama besarnya.

Dengan memahami risiko, Anda bisa berinvestasi dengan bijak serta tidak egois. Pasalnya, risiko kerugian selalu mengintai setiap saat. Apalagi crypto currency termasuk salah satu instrumen investasi dengan risiko tertinggi mengingat nilainya bisa melonjak dan terjun bebas dalam waktu singkat.

2. Perhatikan Grafik Pergerakan Harga Bitcoin

Mulai dari sekarang, rajin-rajinlah untuk memantau grafik pergerakan harga Bitcoin. Untuk memantau, Anda bisa memanfaatkan software atau aplikasi.

Dengan memantau grafik harga dari waktu ke waktu, calon investor bisa memahami kapan momentum yang pas untuk melakukan pembelian dan penjualan Bitcoin. Sebaiknya beli Bitcoin ketika harganya sedang rendah. Jika ingin menjual kembali, lakukan saat harganya naik agar bisa untung.

3. Pelajari dan Pilah Platform Jual Beli Bitcoin yang Resmi

Berinvestasi Bitcoin harus dilakukan di platform khusus exchange. Demi keamanan aset, usahakan untuk selalu memilih platform jual beli Bitcoin yang resmi dan sudah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau Bappebti.

Beberapa Platform jual beli Bitcoin yang resmi dan terdaftar di Indonesia diantaranya sebagai berikut:

  • PT Crypto Indonesia Berkat (Tokocrypto)  
  • PT Indodax Nasional Indonesia (Indodax)
  • PT Pintu Kemana Saja (Pintu)
  • PT Cipta Koin Digital (Koinku) 
  • PT Luno Indonesia LTD (Luno) 
  • PT Zipmex Exchange Indonesia (Zipmex) 

Namun Anda perlu cermat dalam memilih platform, dan sebaiknya melakukan pengecekan lebih mendalam sebelum Anda memutuskan untuk trading. Selain terdaftar di Bappebti, pilih juga platform yang terpercaya, transparan, dan biaya transaksi atau adminnya rendah.

Baca Juga: Belajar affiliate marketing gratis disini

Langkah-langkah Belajar Bitcoin untuk Pemula

Kalau sudah memahami berbagai persiapan di atas, sekarang waktunya untuk mulai belajar Bitcoin untuk pemula.

1. Registrasi di Platform Jual Beli Bitcoin

Hal paling awal yang wajib dilakukan adalah memilih platform exchange dan melakukan registrasi. Pendaftaran bisa dilakukan secara online, baik melalui website maupun aplikasi mobile. Isi data-data sesuai dengan yang diminta oleh platform tersebut.

2. Deposit Modal

Kalau sudah membuat akun, Anda bisa mulai deposit modal. Masing-masing platform punya batas minimal tersendiri untuk nominal deposit. Bahkan ada platform yang mempersilakan penggunanya untuk deposit mulai dari Rp 50.000.

3. Tentukan Pair Aset Crypto

Berikutnya, tentukan pair aset crypto yang akan dipakai untuk keperluan jual beli. Di Indonesia, pasangan atau pair yang paling sering dipakai adalah Bitcoin – Rupiah.

4. Melakukan Pembelian Bitcoin

Di tahap ini, Anda sudah bisa melakukan pembelian Bitcoin menggunakan modal atau deposit yang sudah disetorkan tadi. Ada 2 metode pembelian Bitcoin, yaitu maker, dan taker.

Jika memilih metode maker, pesanan atau order Bitcoin akan ditunda terlebih dahulu hingga mencapai harga yang diinginkan investor. Sedangkan taker, pembelian Bitcoin akan langsung dilakukan sesuai dengan harga saat ini tanpa perlu menunggu.

5. Menjual/Withdraw Sebagian Bitcoin

Langkah terakhir dalam belajar Bitcoin untuk pemula adalah melakukan penjualan atau penarikan aset Bitcoin. Jika ingin melepas aset, Anda bisa request ke exchange untuk menjual sebagian atau seluruh aset Bitcoin tersebut dengan nilai tukar saat ini.

Penarikan dana hasil penjualan Bitcoin akan dilakukan melalui jaringan perbankan. Untuk tahap ini, ada biaya admin yang berlaku. Selain itu, Anda juga perlu menunggu satu hari kerja sampai uangnya masuk ke rekening.

Penjelasan tentang belajar Bitcoin untuk pemula di atas bisa dijadikan sebagai pedoman awal. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti webinar atau membaca ebook panduan belajar Bitcoin yang lebih mendalam.

Demikian ulasan mengenai info 5 langkah mudah belajar bitcoin untuk pemula. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman, kerabat, saudara Anda agar bisa saling berbagi ilmu. Selamat trading!

Baca Juga: 9 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Related Posts

Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

Teknologi berbasis cloud sudah semakin dekat dengan kehidupan sehari-hari seiring perkembangan teknologi. SaaS merupakan salah satu bentuk teknologi berbasis cloud yang banyak digunakan. Apa itu SaaS? Kepanjangannya sendiri adalah Software…

Apa Itu Artificial Intelligence (AI) dan Jenis-jenis Teknologinya

Teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence semakin dekat dengan kehidupan sehari-hari tanpa disadari. Meski begitu, masih banyak yang belum memahami apa itu artificial intelligence (AI). Sebaiknya simak artikel ini untuk…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Missed

Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

  • By admin
  • August 9, 2023
  • 26 views
Apa Itu SaaS: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

  • By admin
  • June 24, 2023
  • 18 views
Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Gratis Secara Otodidak

Apa Itu Artificial Intelligence (AI) dan Jenis-jenis Teknologinya

  • By admin
  • June 12, 2023
  • 34 views
Apa Itu Artificial Intelligence (AI) dan Jenis-jenis Teknologinya

Belajar Machine Learning Gratis: Materi Dasar untuk Pemula

  • By admin
  • April 2, 2023
  • 36 views
Belajar Machine Learning Gratis: Materi Dasar untuk Pemula

7 Digital Marketing Trends 2023 yang Wajib dipahami Pebisnis

  • By admin
  • March 21, 2023
  • 35 views
7 Digital Marketing Trends 2023 yang Wajib dipahami Pebisnis

Apa Itu Google Bard, Benarkah Menjadi Pesaing Berat ChatGPT?

  • By admin
  • March 14, 2023
  • 21 views
Apa Itu Google Bard, Benarkah Menjadi Pesaing Berat ChatGPT?